100 Nelayan Di Kupang Dapat Bantuan Sertifikat Tanah Gratis

Kupang, jurnalsumatra.com – Kementerian Perikanan dan Kelautan memberikan bantuan 100 sertifikat tanah gratis untuk para nelayan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

  Kepala Dinas Perikanan Kota Kupang, Orson Nawa di Kupang, Jumat  mengatakan pemberian bantuan sertifikat gratis bagi 100 orang nelayan di Kota Kupang itu dilakukan pada tahun 2019 dan telah didistribusikan pemerintah Kota Kupang.

  “Bantuan sertifikat gratis itu merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk membantu para nelayan di Kota Kupang yang kesulitan dana untuk membuat sertifikat tanah,” ucapnya.

  Sertifikat tanah kata Orson Nawa, dapat digunakan para nelayan untuk mengakses permodalam dalam meningkatkan usaha produktif yang dilakukan para nelayan.

  Sertifikat tanah bisa dijadikan agunan untuk mendapatkan modal usaha bagi para nelayan yang masih minim per modalan.   

  Ia mengatakan, bantuan yang diberikan pemerintah pusat itu diprioritasakn bagi nelayan yang memiliki lahan namun belum memiliki sertifikat sebagai bukti kepemilikan yang sah.

  Menurutnya, bantuan sertifikat tanah gratis bagi nelayan itu menjadi program tetap dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk membantu nelayan di ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini yang memiliki tanah namun belum bersertifikat.(anjas)