11 Bakal Calon Senator Serahkan Perbaikan Dukungan

     Batam, jurnalsumatra.com – Sebanyak 11 orang bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Kepulauan Riau menyerahkan berkas perbaikan syarat dukungan calon.
Ketua Komisi Pemilihan Umum Kepri, Said Sirajudin melalui sambungan telepon di Batam, Senin, menyatakan seluruh calon yang berkasnya dinyatakan belum lengkap pekan lalu, sudah menyerahkan kembali dengan sejumlah perbaikan.
Bakal calon yang memperbaiki syarat yaitu Dharma Setiawan, Surya Makmur Nasution, Sabar Hasibuan, Haripinto Tanuwidjaja, Riky Solihin, Muhammad Syahrial, Richard H Pasaribu, Moch Nasrudin, Sukhri Farial, Mustofa Widjaja dan Alias Wello.

“Sekarang sedang kami verifikasi lagi berkas syarat perbaikan yang baru masuk,” kata dia.
Verifikasi dilakukan dengan melihat administrasi syarat, kata Said, yaitu apakah jumlah dukungan diberikan oleh 2.000 orang warga yang tersebar di 50 persen kabupaten kota di provinsi itu.
“Kemudian, apakah ada kesesuaian nama antara yang di formulir dengan di KTP, baik itu KTP, alamat dan NIK-nya,” kata dia.
Tim KPU juga menyelidiki apakah ada satu orang warga yang memberikan dukungan kepada lebih dari satu orang calon, atau dalam satu orang calon terdapat dua formulir dari pendukung yang sama.
“Itu ganda, tidak boleh,” kata dia.
Setelah verifikasi administrasi, selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi faktual pada 30 Mei hingga 19 Juni 2018.
Sementara itu, tiga orang bakal calon DPD lainnya sudah dinyatakan melengkapi berkas persyaratan dalam verifikasi pekan lalu, yaitu Ria Saptarika Alfin, Mohammad Nabil, dan Hardi Selamat Hood.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =