12.581 Siswa Di Karimun Ikuti Ujian Nasional

   Karimun, Kepri, jurnalsumatra.com – Sebanyak 12.581 siswa SD, SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau akan mengikuti Ujian Nasional 2018, kata Kepala Dinas Pendidikan Karimun, Bakri Hasyim.
“Jumlah tersebut berdasarkan data yang kita terima dari semua sekolah, dan bisa saja berubah,” kata dia di Tanjung Balai Karimun, Jumat.
Bakri Hasyim mengatakan, jumlah tersebut sudah termasuk peserta ujian paket A, B dan C.
Dia merincikan peserta UN SD sederajat terdata sebanyak 4.603 siswa, SMP sederajat sebanyak 4.009 siswa, SMA dan MA sebanyak 2.559 siswa dan UN SMK sebanyak 923 siswa.
Sedangkan peserta ujian paket A sebanyak 69 orang, paket B 148 orang dan paket C sebanyak 240 orang.
Bakri mengatakan, UN tingkat SMP dan SMA dilaksanakan pada 9-12 April, UN SMK pada 2-5 April, UN tingkat SMP pada 23-26 April, ujian paket A, B dan C pada 27-28 April, UN tingkat SD pada Mei 2018.

“Tahun ini ada enam sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sisanya melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP),” jelasnya.
Saat ini, kata dia, setiap sekolah sedang menggelar uji coba dan terobosan sebagai persiapan bagi para siswa untuk mengikuti UN maupun UASBN (Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional).
Dia meminta kepada setiap sekolah agar menggiatkan pengayaan mata pelajaran yang akan diujikan dalam UN, dengan memfokuskan pada mata pelajaran yang belum dikuasai para siswa.
Dia juga meminta kepada para siswa agar mempersiapkan diri dan benar-benar tekun belajar menjawab soal-soal setiap mata pelajaran.
“Kita juga sudah membuat SK untuk sekolah yang akan menjadi pelaksana UN. Tidak semua sekolah bisa melaksanakan UN, karena masih ada sekolah yang belum memenuhi syarat sehingga digabungkan dengan sekolah lain yang ditunjuk sebagai pelaksana UN,” tuturnya.
Bakri berharap tahun ini tingkat kelulusan siswa yang mengikuti UN lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. “Kami berharap lulus semua,” ujarnya.
Sementara itu, sejumlah sekolah di Tanjung Balai Karimun mulai mempersiapkan siswanya, tidak hanya persiapan agar mampu menjawab soal, tetapi juga sarana dan prasarana seperti komputer untuk pelaksanaan UNBK.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =