135 Desa Di Kabupaten Kupang Telah Bentuk Bumdes

Kupang, jurnalsumatra.com – Sebanyak 135 desa dari 160 desa di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur telah membentuk badan usaha milik desa (Bumdes) guna mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

  “Kami selalu mendorong pemerintah desa untuk membentuk Bumdes sehingga pembangunan ekonomi masyarakat desa lebih mengGeliat,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kabupaten Kupang, Charles E Panie ketika dihubungi di Kupang, Selasa.

  Charles E panie mengatakan hal itu terkait peran Bumdes dalam pembangunan ekonomi masyarakat Desa.

  Ia mengatakan, pembentukan Bumdes merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan.

  Menurut dia, Bumdes merupakan lembaga yang menjadi kunci pengGerak ekonomi masyarakat desa sehingga semua desa di daerah ini diwajibkan untuk memiliki Bumdes.

  “Kami terus mendorong agar semua desa di Kabupaten Kupang memiliki Bumdes karena Bumdes menjadi kunci penGgerak ekonomi masyarakat. Bumdes harus menjadi motor pengerah ekonomi masyarakat desa,” kata Charles E Panie.

  Menurut dia, sebanyak 135 desa di Kabupaten Kupang telah memiliki Bumdes sedang 25 desa lainnya masih dalam proses pembentukan Bumdes.

  “Kami berharap 25 desa yang belum membentuk Bumdes agar segera membentuk Bumdes sehingga pembangunan ekonomi masyarakat bergerak cepat. Kami targetkan pada 2020 semua desa telah memiliki Bumdes,” kata Charles E Panie.

  Dia mengatakan, pemerintah desa harus lebih kreatif dalam mengGali potensi ekonomi desa sehingga pembangunan ekonomi lebih cepat bergerak.

  “Bagi desa-desa yang terbatas dengan potensi ekonomi desa bisa membentuk Bumdes bersama misalnya untuk pengelolaan air bersih. Dua desa bisa membangun PAM Desa untuk pengelolaan air minum,” kata Charles E Panie.(anjas)