15 Parpol Di Baubau Memenuhi Syarat

      Baubau, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara menyatakan hasil verifikasi 16 parpol di daerah itu, 15 di antaranya sudah dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta pemilu 2019.
Satu parpol yang belum memenuhi syarat (BMS) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang terdapat pada kepengurusan dan tidak menghadirkan Sekretaris pada saat tahapan verifikasi faktual. Sedangkan tiga item verifikasi lain yakni keanggotaan minimal 154 anggota, keterwakilan 30 persen perempuan dan domisili kantor sudah tidak ada masalah atau memenuhi syarat.
“PKPI itu kepengurusan yang belum memenuhi syarat. Waktu itu tidak ada sekretarisnya, jadi kami BMS dan sampai hari terakhir verifikasi faktual tidak muncul,” ujar Devisi Hukum KPU Baubau, Edi Sabara, di Baubau, Selasa.
Meskipun begitu, kata dia, PKPI Baubau masih memiliki waktu untuk memperbaiki kekurangannya. Perbaikan tersebut sudah diserahkan kemarin dan sesuai agenda, Selasa (6/2) baru diverifikasi faktual.
“Mereka sudah menganti Sekretaris lama dengan Sekretaris baru melalui Surat Keputusan (SK). Kami sudah lihat juga fotocopy SK sekretaris barunya sudah sesuai dengan data yang ada di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol),” ujarnya.

       Atas permintaan PKPI, pelaksanaan verifikasi faktual perbaikan itu dilakukan di kantor KPU Baubau, bukan di kantor partai.
Sedangkan partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang sempat terkendala pada Kartu Tanda Anggota (KTA) Sekretaris dan Bendahara, lanjut dia, kini sudah tidak ada masalah lagi karena DPC Gerindra Baubau sudah memperbaiki data Sekretaris dan Bendahara yang ada di Sipol.
“KTP, KTA sudah ada. Yang salah itu kan berbeda dengan Sipol sehingga mereka memperbaiki di Sipol. Kemudian kami lihat di Sipol kami, ternyata betul sudah sesuai,” ujarnya.
Dia menambahkan, 15 Parpol selain PKPI sudah aman tidak ada lagi yang perlu diperbaiki, tinggal menunggu selesai tahapan Rabu (7/1).
“Tanggal 7 Februari 2018 kita pleno dan kita bawa ke KPU Provinsi Sultra untuk diplenokan lagi di sana. Selanjutnya dari KPU Sultra diteruskan ke KPU RI untuk diplenokan, paling  lambat 17 Februari 2018 sudah dumumkan Parpol yan lolos Pemilu 2019,” pungkasnya.
15 Parpol yang sudah dinyatakan memenuhi syarat yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (NasDem), dan Partai Amanat Nasional (PAN).
Selain itu, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Beringin Karya (Berkarya), dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda).(anjas)

Leave a Reply