16 Pemuda Pariaman Pelatihan Ketenagakerjaan Di Bekasi

      Pariaman, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, mengirimkan 16 pemuda daerah itu untuk mengikuti pelatihan ketenagakerjaan yang diselenggarakan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja di Bekasi.
“Para pencari kerja ini akan mengikuti pelatihan jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Elektronika selama dua bulan,” kata Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Indra Sakti usai acara pelepasan di Pariaman, Kamis.
Pelatihan bagi para pencari kerja tersebut merupakan hasil kerja sama antara pemerintah Kota Pariaman bersama Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi dengan sasaran menciptakan lapangan kerja.
“Pemerintah terus berupaya menekan angka pengangguran, salah satunya dengan cara mengirim pencari ke Bekasi dengan harapan setelah mengikuti pelatihan mereka memiliki skil atau kemampuan tertentu,” kata dia.
Ia mengatakan selama dua bulan mengikuti pelatihan ketenagakerjaan, seluruh biaya para peserta ditanggung oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.
Sementara itu Sekretaris Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Kota Pariaman, Anilta mengatakan awalnya terdapat 35 calon pencari kerja yang mendaftar pelatihan tersebut.

       Namun setelah diadakan seleksi tertulis dan wawancara oleh Kementerian Ketenagakerjaan beberapa waktu lalu, hanya 16 orang yang memenuhi persyaratan.
Ia mengatakan setelah mengikuti kegiatan tersebut para peserta akan memperoleh dua sertifikat yaitu pelatihan dan kompetensi sesuai bidang masing-masing.
Pihaknya menambahkan setelah mengikuti pelatihan tersebut, para peserta juga diperbolehkan untuk membuka lapangan kerja di daerah lain.
“Pemerintah hanya menyarankan apabila telah memiliki skil atau kemampuan agar membuka lapangan kerja di Pariaman, namun hal itu tidak mengikat,” ujarnya.
Selain bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi, Pemerintah Kota Pariaman setiap tahun juga mengadakan pelatihan yang sama kepada masyarakat setempat untuk menekan angka pengangguran.(anjas)

Leave a Reply