18 Inovasi Indonesia Raih Penghargaan Internasional

    Tangerang, jurnalsumatra.com –  Delapan belas proyek  inovasi dari berbagai institusi Indonesia yang dinaungi Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) berhasil meraih penghargaan di ajang Seoul International Invention Fair (SIIF) 2017 di Korea Selatan pada  30 November – 3 Desember 2017.
żKami sangat beruntung dapat mengikuti ajang Seoul International Invention Fair 2017. Melalui ajang ini kami mendapatkan kesempatan untuk memamerkan karya inovasi kami dan juga mendapatkan pengalaman untuk berbagi pengetahuan dari berbagai negara, serta mengetahui inovasi-inovasi baru dari negara lain,ż ujar Presiden Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA), Erricha Insan Pratisi dalam keterangannya kepada media, Selasa.
Pada ajang itu, Indonesia meraih berhasil meraih 3 Medali emas, 5 medali perak, 6 medali perunggu dan żspecial awardż dari negara-negara lain.
Penghargaan itu diraih PT. Pertamina 2 Medali emas, 1 medali perak , 2 medali perunggu dan żSpecial Awardż dari Thailand, Syria, Saudi Arabia, Taiwan dan Malaysia
Universitas Mercu Buana raih 1 medali emas, 2 medali perak dan Special Award dari negara Lebanon, Saudi Arabia dan India. Universitas Islam Indonesia raih 1 medali perak, 2 medali perunggu dan Special Award dari negara Vietnam, Taiwan dan Thailand
Universitas Brawijaya raih 1 medali perak, 1 medali perunggu dan Special Award dari negara Lebanon, Iran, Croatia. Universitas Diponegoro raih 1 Medali perunggu dan Special Award dari negara Saudi Arabia. Universitas Airlangga raih Special Award dari National Research Countil Thailand.

     Selain  kompetisi dan eksibisi, di ajang tersebut para inovator Indonesia memiliki kesempatan bertemu para Investor, perusahaan manufaktur, distributor, paten dan  market place, untuk dapat bekerja sama mengembangkan produk.
żHarapannya, para inovator yang mengikuti ajang ini, tidak berhenti begitu saja, tetapi bisa mengaplikasikan produk-produk inovasi  mereka untuk masyarakat. Baiknya bisa diproduksi dan didistribusikan di market Indonesia maupun luar negeri, agar dapat membantu perekonomian individu dan juga Indonesia,” katanya.
SIIF 2017 merupakan acara pameran inovasi internasional tentang komersialisasi, penemuan, informasi paten, dan teknologi.
Sedangkan INNOPA merupakan asosiasi inovasi nasional yang bertujuan mewadahi dan menyalurkan ide-ide kreatif serta produk inovatif siswa, mahasiswa, peneliti, dan inovator muda Indonesia ke level Internasional.
Tujuan dari mengikuti ajang kompetisi inovasi SIIF 2017 sekaligus membuktikan  kepada dunia Indonesia juga memiliki potensi di bidang inovasi, tidak kalah dengan negara lain, khusunya negara tetangga. Ajang SIIF 2017 menjadi ajang yang sangat bagus khususnya para inovator muda Indonesia
INNOPA juga akan membawa para Inovator muda Indonesia untuk mengikuti ajang Kaohsiung International and Design Expo (KIDE) di Taiwan pada 7-12 Desember 2017.(anjas)

Leave a Reply