182 Keluarga Terima Manfaat Program “Babar Bahagia”

    Tangerang, jurnalsumatra.com – Sebanyak 182 keluarga tercatat telah menerima manfaat dari program bayi dan ibu “cageur”, bawa akte kelahiran, kartu keluarga dan kartu indonesia sehat (Babar Bahagia) yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tangerang.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi di Tangerang, Senin, menjelaskan sejak diluncurkan pada  17 Agustus 2017 hingga saat ini, sudah banyak warga yang mendapatkan layanan ini.
“Proses persalinan yang seluruhnya dilaksanakan di Puskesmas, telah banyak membantu ibu hamil dalam melahirkan dan kemudahan dalam mendapatkan berkas berupa akte kelahiran dan keluarga,” katanya.
Layanan kesehatan gratis yang diterapkan Pemkot Tangerang termasuk proses persalinan di puskesmas memang ditunjukan untuk kemudahan.
Selain lokasinya terjangkau, sarana yang disiapkan pun mendukung.
Hal ini tentunya dalam menekan angka kematian ibu dan anak sebab puskesmas telah menjadi pusat layanan kesehatan di lingkungan pemukiman.
“Ini adalah bagian dari upaya pemkot memberikan layanan kesehatan yang paripurna dan mewujudkan Kota Sehat,” tegasnya.
Perlu diketahui, untuk ibu hamil yang ingin menggunakan layanan kesehatan Babar Bahagia maka harus membawa berkas diantaranya FC Suami Istri, Surat Nikah, Kartu Keluarga.
Berkas tersebut diberikan kepada petugas puskesmas. Setelah nanti lahir, maka bayi akan mendapatkan akte kelahiran dan KK yang diterima pun sudah yang baru.
“Masyarakat yang mendapat pelayanan ini tidak dipungut biaya,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − six =