19 Polisi Lakukan Pelanggaran Selama 2017

     Bengkalis, jurnalsumatra.com – Sebanyak 19 personel polisi yang bertugas di wilayah hukum Polres Bengkalis, Provinsi Riau, melakukan pelanggaran selama 2017.
“Dari 568 personel yang bertugas di wilayah hukum Polres Bengkalis tersebar di delapan kecamatan di Kabupaten Bengkalis, kurun waktu 2017 ini terdapat 19 perkara pelanggaran,” kata Kapolres Bengkalia, AKBP Abbas Basuni di Bengkalis, Sabtu.
Dia mengatakan, anggota kepolisian yang melakukan pelanggaran tersebut mulai dari tidak masuk kantor, indisipliner, dan lain sebagainya. Dari 19 pelanggaran disiplin, terdapat 1 perwira dan 18 bintara.

“Jadi kami ingin menunjukkan komitmen dalam membina internal kepolisian dan menyampaikan kepada masyarakat, bahwa polisi juga tidak boleh melanggar, kalau melanggar akan ditindak dan ini adalah komitmen kita bersama,” ujar Kapolres.
Menurut dia, pelanggaran disiplin meningkat menjadi pelanggaran kode etik, dan hal ini yang sudah menjadi ancaman dan bisa diberhentikan dari kesatuan kepolisian.
Dilanjutkannya, ada 10 perkara yang ditangani, kesepuluh orang oknum polisi ini berpangkat Brigadir. Dua perkara sudah divonis selesai, dan 8 perkara lagi sedang berjalan. Kemudian ada dua oknum polisi yang terlibat perkara pidana.
“Selanjutnya tidak hanya disitu, apabila ada unsur pidananya lebih kuat, maka akan kita pidanakan oknum tersebut. Ada dua anggota kita yang dipidanakan, satu perkara sudah selesai dan satu dalam proses,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 19 =