2.500 Pemuda Kalteng Ramaikan Hari Sumpah Pemuda

Sampit, jurnalsumatra.com – Sekitar 2.500 pemuda akan berkumpul di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, untuk mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda 2018 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang dirangkai dengan Ikrar Bersama Anak Bangsa.
“Peserta berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah. Saat ini persiapan sudah 95 persen. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotawaringin Timur, Najmi Fuadi di Sampit, Kamis.
Menurut Najmi, kegiatan besar ini dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kotawaringin Timur. Selain menyiapkan acara, panitia selaku tuan rumah juga mempersiapkan kontingen yang akan ikut serta dalam kegiatan tersebut.
Rangkaian acara dimulai pada 27 Oktober diawali senam pagi bersama dan pertandingan bola voli antarkabupaten. Selanjutnya pada malam harinya dilaksanakan malam keakraban dan pencerahan dengah menghadirkan narasumber Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Bupati Kotawaringin TimurĀ  Supian Hadi dan pengusaha nasional asal Kalimantan Tengah, Abdul Rasyid.
“Besok paginya dilaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa. Kegiatan dilaksanakan di Stadion 29 November Sampit, rencananya dibuka oleh GubernurĀ  Sugianto Sabran,” ujar Najmi.
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kotawaringin Timur, Kaspul Bahri mengatakan, saat ini persiapan terus dilakukan. Kontingen Kotawaringin Timur juga terus mempersiapkan diri agar bisa menampilkan yang terbaik.

“Ada 70 pemuda dari berbagai perguruan tinggi yang mewakili Kotawaringin Timur. Mereka sudah dibina dan dipersiapkan sebagai bekal mereka mengikuti kegiatan nanti,” kata Kaspul.
Sementara itu, seremonial pemberangkatan kontingen Kotawaringin Timur dipimpin Wakil Bupati HM Taufiq Mukri. Penyematan tanda peserta dilakukan dalam sebuah upacara di halaman kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.
“Mudah-mudahan berjalan lancar. Mudah-mudahan momentum ini mampu meningkatkan semangat perjuangan, kebersamaan, solidaritas antarpemuda, antarsuku, antaragama dan lintas perbedaan lainnya,” katanya.(anjas)

Leave a Reply