2.500 Peserta Semarakan Pornas VIII Soina

    Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Sebanyak 2.500 peserta menyemarakan pada Pekan Olahraga Nasional ke-8 Special Olympics Indonesia, atau PORNAS VIII SOIna 2018 yang tahun ini berlokasi di Kota Pekanbaru, Riau.
“Sekitar 2.500 orang terdiri dari atlet, pelatih, ofisial dan relawan akan menyemarakkan PORNAS VIII SOIna 2018, yang merupakan kompetisi olahraga tingkat nasional bagi atlet disabilitas intelektual di Indonesia,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat SOIna, Prof. Dr. Faisal Abdullah, pada pembukaan PORNAS VIII SOIna di Stadion Kaharuddin Nasution, Pekanbaru, Jumat malam.
Helat olahraga empat tahunan tersebut akan berlangsung hingga tanggal 23 Juli 2018 di Kota Pekanbaru. Ada 1.100 atlet dan pelatih dari 22 provinsi yang akan saling bertanding. Kemudian ada 650 relawan dan 250 panitia yang mendukung acara tersebut.
“Tujuannya tidak lain adalah memberikan kesempatan bagi warga disabilitas intelektual untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam bidang olahraga,” katanya.
Selain itu, PORNAS SOIna juga bertujuan untuk menyeleksi atlet terbaik untuk mewakili Indonesia di ajang kompetisi tingkat dunia, Special Olympics World Summer Games (SOWSG) tahun 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.
Menurut Faisal, salah satu hal yang menjadi tantangan pada PORNAS kali ini adalah upaya untuk dapat menghadirkan atlet SOIna dari seluruh provinsi di Indonesia. Pengurus Pusat SOIna sejak jauh-jauh hari telah
berupaya menginformasikan hingga meyakinkan pemerintah provinsi, melalui surat edaran Menteri
Pemuda dan Olahraga dan Menteri Dalam Negari, agar dapat mengirimkan kontingen SOIna di daerahnya ke PORNAS.
“Namun, kami menyadari kondisi dan dinamika sosial, politik dan ekonomi di masing-masing daerah berbeda-beda. Kami bersyukur pada PORNAS kali ini masih dapat diikuti oleh 22 provinsi,” ujarnya.
Tantangan yang lain adalah soal dukungan sponsor, lanjut Faisal Abdullah. Adanya Asian Games dan Para Games di Indonesia turut menyulitkan panitia mendapatkan sponsor untuk PORNAS. Meski demikian, Pengurus Pusat SOIna tetap berupaya optimal untuk menyukseskan kegiatan ini agar tidak mengecewakan para atlet.

“Oleh karena itu, Pengurus Pusat SOIna mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga yang telah memberikan perhatian dan dukungan yang besar sehingga kegiatan ini tetap dapat terlaksana. Begitu pula apresiasi yang tinggi juga kami sampaikan kepada Pemerintah Provinsi Riau yang memberikan dukungan penuh sebagai tuan rumah Pornas kali ini,” katanya.
Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan menjadi tuan rumah PORNAS VIII SOIna tahun 2018, merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Provinsi Riau.
“Kita sambut sang juara di bumi Lancang Kuning Riau dengan senyum, salam, santun, sapa, ramah, tanggap, peka, sabar dan bertanggung jawab dan dengan Motto Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi, Sukses Administrasi, Sukses Promosi. Kita ukir prestasi atlet Tunagrahita menggapai asa tanpa batas dalam keterbatasan,” kata pria yang akrab disapa Andi Rachman ini.
Ia mengatakan seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Riau sangat mendukung penuh ditunjuknya Provinsi Riau sebagai tuan rumah penyelenggaraan PORNAS VIII SOIna 2018. Panitia pelaksana di Pekanbaru telah bekerja keras mempersiapkan berbagai bidang pelayanan untuk lancar dan suksesnya penyelenggaraan PORNAS VIII SOIna 2018.
PORNAS VIII SOIna 2018 mempertandingkan 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di arena-arena pertandingan yang ada di Pekanbaru Riau. Andi menilai perhelatan itu merupakan kegiatan yang sangat besar manfaatnya bagi para penyandang tunagrahita dalam rangka memberikan motivasi dan memperbanyak kegiatan fisik serta memberi rasa tanggung jawab dalam menjalani kehidupan.
“Karena sesungguhnya di dalam diri mereka tersimpan potensi yang cukup besar untuk bisa berprestasi di berbagai bidang, terutama dalam bidang olahraga,” katanya.(anjas)

Leave a Reply