20 Kecamatan Di Bandarlampung Dapatkan Bantuan Alat Rekam KTP-El

Bandarlampung, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Bandarlampung memberikan alat perekam kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El) kepada 20 kecamatan yang ada wilayahnya guna mempercepat proses pembuatan kartu identitas diri itu.

  “Sebanyak 20 alat rekam ini kami berikan ke kecamatan agar masyarakat tidak capai datang ke gedung ini, jadi setelah rekam biar orang kecamatan saja yang datang kemari dan semuanya gratis,” kata Kepala Dinas Disdukcapil Kota Bandarlampung, A Zainuddin, di Bandarlampung, Senin.

  Ia mengatakan bahwa semua alat rekam tersebut dibeli melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2019 Bandarlampung sebesar Rp1.8 Miliar.

  Menurut dia, pengadaan alat rekam di semua kecamatan ini adalah salah satu upaya Wali Kota Bandarlampung, Herman HN, dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dalam mempermudah pembuatan KTP-el.

  Namun, bila masyarakat mau datang ke Disdukcapil, kata dia, petugas yang berjaga akan siap melayani mereka, sebab rata-rata per hari pihaknya dapat melakukan perekaman sebanyak 140 orang dengan empat alat yang ada.

  Dengan adanya penyaluran alat baru ini, katanya, masyarakat yang terlalu jauh menuju ke Gedung Pelayanan Satu Atap Bandarlampung diharapkan dapat melaksanakan perekaman di kecamatan masing-masing.

  “Setelah perekaman, masyarakat nanti akan diberi bukti perekaman kemudian langsung ke Disdukcapil atau camat juga dapat mengkoordinir langsung mereka untuk mendapatkan KTP-el dengan datang ke sini,” katanya.

  Ia mengatakan, bila blanko KTP-el tersedia maka KTP-el dapat diselesaikan dengan kurun waktu satu hingga satu setengah jam dan bila blankonya habis nanti masyarakat akan diberikan surat keterangan untuk sementara.(anjas)