200 SMP Gelar USBN

Palembang, jurnalsumatra.com – Pada 16 April ini sebanyak 200 SMP Negeri dan Swasta kota Palembang melakukan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Soal USBN ini dibuat 75 persen tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) kota Palembang dan 25 persen dari Pemerintah pusat.

Kabid SMP Kota Palembang Herman Wijaya mengatakan,  sebelum menghadapi Ujian Nasional (UN), sesuai kalender pendidikan siswa SMP harus mengikuti USBN. Dimana soal yang diberikan dibuat oleh MGMP bentuknya sama seperti soal UN. “Kalau soal UN Nasional, semua soal sama. Sedangkan soal USBN ini disesuaikan dengan Kabupaten atau daerahnya masing-masing yang ada MGMP,” ujarnya.

Herman Wijaya menambahkan, USBN yang diujikan semua mata pelajaran, seperti pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan  Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Satu hari ujian dilakukan dengan 2 mata pelajaran, untuk pelaksanaan sendiri dilakukan selama 4 hari dari 16 -19 April mendatang, setelah mengikuti USBN. “Pada 33 April nanti mereka mengikuti UN,”ucapnya.

Pelaksanaan USBN ini lanjut Herman, masih menggunakan manual. ” UN sendiri sebagian SMP melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan ada setengahnya masih Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP),” paparnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 40 Palembang Wahyuni mengatakan saat ini persiapan USBN sendiri sudah sangat matang. Sebab sebelum dilakukan USBN, pihaknya meminta siswa kelas 9 mengikuti pelajaran tambahan dan ada try out . “Kita berharap lulusan alumni SMP Negeri 40 dapat masuk ke SMA/SMK Negeri dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” pungkasnya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − four =