PT MEB Musirawas Tambah Bangunan PLTMG

0

    Musirawas, jurnalsumatra.com – PT Muara Energi Buana di Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan, menambah pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas di Desa Marga Tunggal Kecamatan Jayaloka setempat untuk menerangi puluhan rumah warga yang belum terjangkau jaringan sebelumnya.
Direktur Utama PT Mura Energi Buana (PT MEB) Totok Ruswinaryo, Sabtu mengatakan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang tengah dibangun itu berkapasitas 1×4 MW, sedangkan sebelumnya sudah dibangun dengan kapasitas 2×4 MW.
Ia mengatakan, PLTMG berkapasitas 1×4 MW itu dibangun pada lokasi dan suplay yang sama sebelumnya, dengan menggunakan peralatan mesin pabrikan asal Jerman.
Untuk listrik yang akan dihasilkan PLTMG itu langsung dikoneksikan ke jaringan tegangan menengah PT PLN lalu masuk ke gardu dan bisa dioperasikan langsung untuk kelistrikan di masyarakat daerah itu.
“Tujuan pembangunan PLTMG itu untuk  pengadaan listrik dan menstabilkan daya listrik sekaligus mendukung pembangunan kelistrikan yang dicanangkan pemerintah pusat,” katanya.
Dengan penambahan bangunan PLTMG itu diharapkan agar mampu mengaliri listrik ke pemukiman di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Jayaloka, BTS Ulu dan Kecamatan Muara Beliti.
Untuk suplay gas pembangkit tersebut berasal dari sumur PT Medco yang sebelumnya telah membangun pembangkit sama di BTS Ulu dengan kapasitas 2×4 MW yang merupakan hasil kerja sama konsorsium tiga perusahaan dilakukan Agustus 2008.
Pembangkit PLTMG itu bisa beroperasi selama enam tahun delapan bulan kedepan dari suplay gas berasal dari sumur gas Temelat PT Medco E&P.
Untuk layak operasinya dilakukan kajian kelayakan PT PLN Sumbagsel dan ranting Lahat, sehingga bisa dioperasikan hingga saat ini, jelasnya.
Mantan Bupati Musirawas, Ridwan Mukti mengatakan pembangunan jaringan kelistrikan itu cukup panjang dan memakan waktu serta biaya yang tinggi.
Pembangunan pertama PLTMG berkapasitas 2×4 MW itu untuk mengatasi byer pet yang terjadi di tiga wilayah, yakni Kecamatan Jayaloka, BTS Ulu, dan Kecamatan Muara Beliti.
Masyarakat diminta untuk mendukung jaringan kelistrikan dan menyambut para investor yang datang di Kecamatan Jayaloka tersebut, untuk membuka geliat pembangunan dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, katanya.(anjas)

Share.