BPP KALTARA Ajak Masyarakat Perbatasan Jaga Kedaulatan

0

Bulungan, jurnalsumatra.com- Badan Pengelola Perbatasan (BPP) Provinsi Kalimantan Utara mengajak masyarakat yang berdomisili di tapal untuk menjaga kedaulatan negara di wilayah masing-masing.
Kepala BPP Provinsi Kaltara, Udau Robinson di Tanjung Selor, Rabu menjelaskan dalam menjaga keutuhan NKRI khususnya masalah batas negara perlu adanya sinergitas antara pemerintah dengan masyarakat di kawasan perbatasan.
Ia menegaskan, sengketa batas negara yang masih seringkali menjadi permasalahan tidak terulang lagi pada masa yang datang sebab hal itu berkaitan dengan kedaulatan negara RI.
“Pemerintah dan masyarakat di kawasan perbatasan perlu bersinergi untuk menjaga batas negara demi kedaulatan negara,” kata Udau Robinson sekaligus menyatakan, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan menjaga keutuhan NKRI.
Keberadaan masyarakat di tapal batas negara merupakan “pagar hidup” yang berperan langsung mengawasi dan mengontrol setiap saat meskipun personil TNI tetap ditempatkan pada pos-pos perbatasan.
żJika hanya mengandalkan personil TNI tidak cukup tanpa bantuan atau peran serta masyarakat yang berdomisili di kawasan perbatasan karena jumlahnya sangat terbatas,” tegas Kepala BPP Provinsi Kaltara ini.
Pada kesempatan itu, dia berujar, perlu mendapatkan perhatian adalah bagaimana meningkatkan rasa nasionalisme bagi masyarakat di kawasan tersebut agar suatu waktu tanpa diminta rela berkorban bagi NKRI yang tercinta ini.
Udau Robinson menerangkan langkah pemerintah memberikan pemahaman kepada masyarakat soal batas negara melalui sosialisasi karena dengan jalan itu informasi akan terbuka lebar sehingga diketahui secara umum perihal upaya penyelesaian tapal batas antar negara.
Kepala BPP Kaltara ini mengakui, masih terdapat garis batas negara yang masih dalam proses perundingan dengan negara tetangga khususnya Malaysia sehingga dengan sosialisasi tersebut masyarakat tidak melakukan aktivitas disembarang lokasi di tapal batas.(anjas)

Share.