Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Kemkum HAM Segera Lengkapi Infrastruktur Di Kaltara

0

    Bulungan, jurnalsumatra.com – Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia akan melengkapi infrastrukturnya yakni kantor wilayah (kanwil) di Kalimantan Utara.
Kepala Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Kaltim Agus Saryono di Tanjung Selor melalui siaran persnya, Rabu menyatakan mengacu pada “integrity criminal justice system”  ada beberapa unsur dalam proses hukum diantaranya ketersediaan lembaga pemasyarakatan (lapas).
Keberadaan lapas dengan kapasitas memadai perlu diadakan di Provinsi Kaltara. Selama ini masih banyak tahanan asal wilayah provinsi yang berada di ujung utara Pulau Kalimantan ini ditampung di Lapas Kabupaten Berau, Kaltim sehubungan tidak tertampung di wilayah itu.
Kemudian, semakin mendesak pula keberadaan Kanwil Imigrasi dan pos-pos perbatasan karena keberadaannya sebagai tempat koordinasi sangat dibutuhkan sekaligus jangkauannya lebih dekat dan mudah.
Menurut Agus Saryono, Kanwil Kemkum HAM di Provinsi Kaltara merupakan bagian dari pelayanan kepada masyarakat dengan harapan pelaksanaan reformasi birokrasi berkaitan dengan perbaikan pelayanan.
Ia mengharapkan, April 2016 pembangunan Kanwil Kemkum HAM provinsi itu telah dapat direalisasikan sedangkan menyangkut pengadaan pegawai eselon II menjadi kewenangan pemerintah pusat dan eselon III dan IV dapat direkrut dari Provinsi Kaltara sendiri.
Secara terpisah, Pejabat Gubernur Kaltara Triyono Budi Sasongko sangat mengapresiasi rencana pemerintah dari Kemkum HAM untuk membangun kantor wilayah karena pemprov telah menyediakan lahannya sebagai implementasi pembangunan kota baru mandiri di Tanjung Selor.
“Saya sangat mendukung percepatan pembangunan kantor wilayah Kemkum HAM, apalagi Provinsi Kaltara merupakan provinsi baru yang tentu harus didukung dengan keberadaan instansi vertikal,” jelasnya.
Ia mengatakan, isu-isu perbatasan di provinsi itu sangat mendominasi proses pembangunan.(anjas)