Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Sekda: Pengelolaan SMA-SMK Bakal Dialihkan Ke Provinsi

0

    Minahasa Tenggara, jurnalsumatra.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara Adrianus Tinungki menuturkan adanya rencana pengalihan pengelolaan sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.
“Ada rencana pengalihan pengelolaan SMA SMK ke pemerintah provinsi, dan mungkin saat ini Dinas Pendidikan sedang dalam persiapan,” kata Adrianus di Ratahan, Selasa.
Dirinya menuturkan hal tersebut sesuai dengan amanat dari Undang Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
“Dokumen sudah harus diselesaikan tahun ini karena hal tersebut perintah undang-undang, dan pemerintah kabupaten sangat menseriusi hal tersebut,” ujarnya.
Selain itu menurut Adrianus, yang menjadi catatan penting, para Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat SMA/SMK, harus mempersiapkan peralihan tersebut.
“Ini kebijakan yang sangat baik, sehingga para pemerintah akan lebih fokus, seperti pemerintah pusat fokus mengelolah Pendidikan Tinggi, pemerintah provinsi fokus mengelolah SMA SMK, dan pemerintah kabupaten dan kota fokus mengelolah SD dan SMP,” tuturnya.
Dirinya menambahkan Pemkab Minahasa Tenggara akan terus menseriusi permasalahan pendidikan yang ada di daerah tersebut dalam rangka peningkatan kualitas para peserta didik.
“Pemkab Minahasa Tenggara tahun ini tetap memrioritaskan sektor pendidikan, karena merupakan visi dan misi dari pemerintah,” tandasnya.(anjas)