Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


DPR RI Bantu Nelayan OKI

0

KAYUAGUNG, SUMSEL. Jurnalsumatra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) memberikan bantuan berupa 100 paket alat keselamatan kepada warga di Kampung Nelayan Desa Simpang Tiga Jaya/Desa Sungai Pedada, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), yang diberikan secara langsung oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani SE, didampingi Anggota DPRD OKI, H Subhan Ismail, Kamis (7/1/2015).

Selain memberikan bantuan, di kesempatan tersebut juga dilakukan Sosialisasi Penerapan K3 oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3, kepada masyarakat yang mayoritas Nelayan dan Petambak, yang juga dihadiri Kepala Desa Simpang Tiga Jaya/Sungai Pedada, Rodi Haredi.

Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani SE dalam kesempatan tersebut mengatakan, selama ini dalam mencari nafkah, Nelayan banyak tidak memperhatikan keselamatannya, untuk itu pihaknya bersama Kementerian Tenaga Kerja memberikan bantuan berupa perlengkapan K3. “Komisi IX bersama mitra kerja terus berupaya membantu masyarakat. Kali ini bersama Kementerian Tenaga Kerja berupaya membantu Nelayan di Kabupaten OKI,” ujar Irma Suryani.

Dikatakannya, berdasarkan Inpres Nomor 15 Tahun 2011 tersebut, Kemenakertrans mempunyai dua tugas dalam rangka meningkatkan kemampuan sosial ekonomi nelayan, yakni menjaga keselamatan kerja nelayan ketika melaut dan meningkatkan keterampilan para nelayan dalam menangkap ikan.

Ditambahkannya, sektor maritim akan dijadikan lokomotif ekonomi nasional, sehingga dengan berbagai kebijakan yang sudah ada, pihaknya hanya membantu sedikit meneruskan apa yang sudah dijalankan pada pemerintahan sebelumnya. “Kalau nelayan ini melaut tiga hari, empat hari, atau seminggu, tentunya keluarga berdoa mudah-mudahan dapat ikan banyak dan selamat,” imbuhnya.

Dijelaskannya pula, bahwa Kemnaker dengan dukungan DPR RI diharapkan mampu meneruskan perjuangan para nelayan dalam meningkatkan taraf hidup. “Tidak hanya itu, kalau para nelayan mendapatkan musibah, harus ada santunan kepada ahli waris yang ditinggalkan, dalam bentuk jaminan sosial,” tukas wanita yang juga menjabat Ketua Umum Serikat Buruh Pelabuhan Indonesia ini.

Sementara itu, Anggota DPRD OKI, H Subhan Ismail menyambut baik adanya bantuan peralatan K3 tersebut. “Wilayah OKI ini sebagian besar perairan dan masyarakat di desa ini nelayan. Mudah-mudahan bantuan ini berarti bagi masyarakat Nelayan,” tukasnya.

Di kesempatan yang sama, Kades Simpang Tiga Jaya, Rodi Haredi mengatakan, mayoritas penduduk berprofesi sebagai Nelayan. “Selama in Nelayan di desa kami belum pernah diberikan bantuan seperti ini. Dalam mencari nafkah, terkadang memang keselamatan terabaikan. Mudah-mudahan bantuan ini bisa berkelanjutan,” harapnya. (RICO)