Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


KPU NTT:  Pelantikan Bupati/Wabup Tunggu Edaran Mendagri

0

Kupang, jurnalsumatra.com – Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur (KPU NTT) Yosafat Koli mengatakan, jadwal pelantikan bupati/wabup terpilih 2015, masih menunggu ederan resmi dari Menteri Dalam Negeri.
“Sekarang ini ada wacana, para bupati akan dilantik serentak di Jakarta, tetapi secara normatif, kepala daerah dan wakil kepala daerah biasanya dilantik gubernur dalam sidang paripurna. Jadi kita tunggu sampai ada edaran resmi,” kata Yosafat Koli kepada Antara di Kupang, Jumad terkait jadwal pelantikan.
Menurut dia, jika pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah dilakukan secara serentak di Jakarta, maka daerah-daerah yang hasil pilkadanya tidak digugat ke MK bisa dilantik pada akhir Januari 2016 ini.
Sementara daerah yang sedang digugat ke MK, akan dilantik pada Maret 2016.
Namun, jika pelantikannya dilakukan oleh gubernur dalam sidang paripurna, maka acara pelantikannya tidak bisa dilakukan secara serentak karena harus dilakukan satu per satu.
Itu pun, kata dia, jadwal pelantikannya akan bergantung pada jadwal gubernur.
Karena itu, KPU hanya fokus berkoodinasi dengan DPRD dan Bagian Tata Pemerintahan untuk menyiapkan berkas, untuk segera diusulkan ke Menteri Dalam Negeri.
“Hal yang paling penting adalah, Mendagri menetapkan dulu bupati/wabup dalam surat keputusan. Pelantikannya bisa disesuaikan, baik dilakukan di Jakarta maupun di daerah,” katanya.(anjas)