Satpol PP Banjarmasin Siap Tegas Tertibkan Becak

0

     Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Kepala Satuan Polisi Pamomg Praja (Satpol) PP Kota Banjarmasin Ichwan Norkhaliq menyatakan, pihaknya akan berlaku tegas terhadap becak yang mangkal di wilayah Pasar Sudimampir, Banjarmasin, yang mengganggu arus lalulintas.
“Akan kita tertibkan secara tegas becak-becak yang mangkal di sekitar jalan pasar Sudimampir itu, apalagi yang dekat jembatan Pangeran Antasari,” ujarnya di Balaikota, Senin.
Menurut dia, keberadaan becak di Jalan Sudimampir sudah sangat menggangu, hingga dikeluhkan pengguna jalan, karena mangkal sembarangan hingga kebadan jalan, dan ini melanggar peraturan.
“Sebab dalam kesepakatan dengan para tukang becak beberapa waktu lalu, sudah kita sampaikan bahwa mangkal di sekitar jalan pasar Sudimampir itu dilarang, karena membuat kemacetan, apalagi di simpang tiga jembatan Pangeran Antasari,” tegasnya.
Menurut dia, keberadaan becak yang melanggar ketertiban ini harus tegas ditindak, bahkan sanksinya akan disita becaknya, sehingga tidak ada lagi yang berani melanggarnya.
“Sebab dibiarkan, malah menjadi-jadi sembarangan para tukang becak itu mangkalnya, hingga membuat kemacetan,” paparnya.
Dia menyatakan, tidak ingin juga mematikan usaha masyarakat tukang becak ini, namun perlu tertib dilakukan mereka agar tidak mengganggu arus lalulintas yang sudah cukup padat di daerah tersebut.
“Memang harus ada solusinya ini, kita harap dinas perhubungan mendapatkan cara yang terbaik bagi keberadaan tukang becak tersebut,” tuturnya.
Termasuk pula, ujar dia, keberadaan tukang ojek di sana, juga harus ditertibkan mangkalnya, hingga tidak mengganggu arus lalulintas.
“Dan juga harus berlaku tegas dengan para kendaraan yang markir sembarangan di sana, yakni, di areal yang terlarang di samping-samping jalan itu,” ucapnya.
Dia pun mengapresiasi langkah pihak kepolisian yang turun tangan menertibkan arus lalulintas di wilayah pasar Sudimampir dan sekitarnya saat ini.
“Tapi harusnya itu bisa saja dilakukan pemerintah kota,” ungkapnya.(anjas)