Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


KONI Sumsel Segera Buka Bursa Ketua Baru

0

     Palembang, jurnalsumatra.com – KONI Provinsi Sumatera Selatan segera membuka bursa ketua umum baru untuk menggantikan kepengurusan pimpinan Muddai Madang yang berakhir masa jabatannya pada Februari 2016.
Wakil Ketua Bidang Organisasi KONI Sumsel Asdit Abdullah di Palembang, Selasa, mengatakan, dalam waktu dekat akan digelar rapat internal untuk memastikan tanggal penyelenggaraan musorprov tersebut sehingga tim penjaringan dapat mulai bekerja.
“KONI Sumsel sudah berkonsultasi dengan KONI pusat belum lama ini, dan arahan yang didapatkan bahwa harus segera digelar musorprov sesuai dengan mekanisme organisasi,” kata Asdit.
Ia mengemukakan, KONI Sumsel telah memutuskan bahwa musorprov ini harus dilaksanakan meskipun sebentar lagi mengemban tugas untuk mengirimkan tim daerah ke Pekan Olahraga Nasional di Jawa Barat.
“Saya rasa penggantian kepengurusan ini tidak akan mempengaruhi organisasi karena persiapan atlet sifatnya berkesinambungan. Artinya pengurus baru nanti akan meneruskan tugas pengurus yang lama,” kata dia.
Sementara itu, muncul wacana di kalangan olahraga Sumsel untuk mengembalikan pimpinan KONI Sumsel ke gubernur untuk memudahkan koordinasi daerah dengan pemerintah.
Namun, di sisi lain keinginan ini bertentangan dengan UU Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional Pasal 40, yakni menyatakan bahwa pengurus KONI provinsi dan kabupaten/kota bersifat mandiri atau tidak terikat pada kegiatan jabatan struktural dan jabatan publik.
Terkait ini, Asdit mengharapkan berbagai pihak dapat berpikir terbuka karena mendapati kenyataan di beberapa daerah justru mengalami kemunduran setelah diserahkan ke nonpemerintah. Bahkan, di beberapa daerah sudah berani menabrak aturan tersebut demi untuk menggerakkan olahraga.
“Saat ini juga muncul keinginan untuk merevisi aturan UU tersebut, khusus di Sumsel sendiri, saya rasa jika dipegang oleh gubernur masih bisa diterima mengingat sebentar lagi menjadi tuan rumah Asian Games. Jadi tidak bisa aturan itu dipukul rata untuk setiap daerah,” kata mantan ketua PWI Sumsel ini.
KONI Sumsel sejak 2009 dipimpin oleh Muddai Madang dengan latar belakang pengusaha dan pengurus cabang olahraga. Kini, ia terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia berduet dengan Erick Tohir.(anjas)