Padang Panjang Miliki Potensi Wisata Alam

0

Padang Panjang, jurnalsumatra.com – Kota Padang Panjang, Sumatera Barat yang terletak di perlintasan memiliki potensi wisata alam yang asri dan permai, kata pejabat setempat.
“Padang Panjang salah satu kota yang alamnya bernuansa pedesaan. Udaranya bersih, masyarakatnya ramah dan setiap pejabat daerah lain yang melakukan kunjungan kerja ke Padang Panjang, pasti memuji keindahan alam dan keramahan warga kota ini,” kata Walikota (Wako) Padang Panjang, Hendri Arnis, melalui Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata setempat Sri Syahwitri di Padang Panjang, Selasa.
Ia menyebutkan, dengan adanya potensi wisata alam tersebut bisa mendatangkan banyak manfaat, baik itu dari segi pendapatan, maupun yang lainnya.
“Kami akan maksimalkan potensi yang dimiliki ini, sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Padang Panjang kedepannya,” ujarnya.
Potensi Wisata alam yang dimiliki Padang Padang Panjang itu jelasnya seperti pemandian Lubuk Mata Kucing, air terjun tujuh tingkat, sungai yang panjangnya sekitar 6,6 kilometer.
Sungai yang berada dari pemandian lubuk mata kucing sampai ke batas kota itu katanya, sudah dijadikan tempat kegiatan wisata sepanjang 1 kilometer, terutama oleh masyarakat sekitar.
“Potensinya sangat bagus dan luar biasa, tinggal menata arus air untuk ditingkatkan menjadi lokasi Arung jeram,” katanya.
Jika nantinya sungai ini dijadikan tempat olahraga Arung jeram, maka Padang Panjang satu satunya kota di negara ini yang menyediakan lokasi olah raga itu.
Seorang penikmat wisata di negara ini, Akhyari Hananto menyebutkan jika pulau  Jawa punya Bogor yang berjuluk Kota Hujan, maka Padang Panjang adalah Kota Hujan di Sumatera.
“Selain udaranya sejuk, alam Padang Panjang juga indah dan memiliki potensi wisata alam yang bagus,” katanya.(anjas)