Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


PWI Kotawaringin Timur Kenalkan Jurnalistik Ke Sekolah

0

     Sampit, Kalteng, jurnalsumatra.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, gencar memperkenalkan ilmu jurnalistik atau kewartawanan ke sekolah-sekolah sebagai upaya pembinaan generasi muda dalam hal kegiatan positif.
“Secara internal profesi kewartawanan, saya tentu senang karena ini juga bagus untuk regenerasi wartawan. Saya lihat kemampuan mereka juga sudah mulai kelihatan. Saya harap dari sinilah nanti akan lahir wartawan-wartawan Kotawaringin Timur yang hebat-hebat,” kata Ketua PWI Kotawaringin Timur Dhonny Harjo Saputro di Sampit, Selasa.
Dia mengaku senang dengan makin banyaknya pelajar yang berminat mempelajari jurnalistik. Ilmu jurnalistik bukan hanya bermanfaat bagi wartawan dalam menjalankan tugas, tetapi pengetahuan itu juga sebagai hal positif bagi pelajar, khususnya dalam hal tulis-menulis.
Dia mengakui profesi wartawan memang makin diminati seiring dengan semakin tumbuhnya perusahaan pers. Kemajuan teknologi juga turut mendukung makin banyak masyarakat menjadikan informasi dari media massa sebagai kebutuhan.
Tiga tahun terakhir, PWI Kotawaringin Timur gencar melaksanakan berbagai kegiatan dengan melibatkan masyarakat, khususnya kalangan pelajar.
Selain hadir sebagai narasumber pelatihan jurnalistik di sejumlah sekolah, PWI juga menjalankan sejumlah program rutin lainnya, seperti menerbitkan buku, mengikuti Sampit Expo, dan menggelar pameran foto yang selalu dihadiri ribuan pelajar.
“Banyak manfaat yang didapat pelajar dengan mempelajari jurnalistik, khususnya membantu mereka dalam bidang tulis-menulis. Ini juga menjadi modal dasar jika nantinya mereka berminat menjadi wartawan,” kata Wakil Kepala SMAN 3 Sampit yang membidangi kesiswaan, Candra Junawanti.
SMAN 3 Sampit adalah salah satu sekolah yang menjadikan jurnalistik dan pers sebagai bagian materi pelajaran di sekolah mereka. Sekolah yang pada 2015 siswanya meraih nilai tertinggi Ujian Nasional itu juga rutin menggelar pelatihan jurnalistik untuk siswanya.
Pada Jumat dan Sabtu kemarin, sekolah itu menggelar pelatihan jurnalistik yang diikuti puluhan siswanya. Tiga narasumber dihadirkan, yaitu Dhonny Harjo Saputro yang merupakan wartawan Media Kalimantan yang juga Ketua PWI Kotawaringin Timur, Riza Krisna Effendi yang merupakan wartawan TVRI Kalimantan Tengah, dan Norjani yang merupakan wartawan LKBN Antara Perwakilan Kotawaringin Timur.
Jalannya kegiatan berlangsung lancar. Peserta bersemangat bertanya dan meminta masukan, khususnya terkait penulisan berita serta cara memilih sudut pandang agar berita menjadi menarik.
Sekolah itu ternyata memiliki kelompok pelajar yang memiliki bakat dalam tulis-menulis. Kelompok yang diberi nama “The Wins” itu bahkan sudah sering mengisi halaman berita pendidikan di salah satu surat kabar lokal.(anjas)