Jepang Investasi PLTS di Sumsel

0
PLTS

PLTS

PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) mulai Maret ini. PT Sharp Construction dibantu oleh Badan Lingkungan Hidup Jepang akan berinvestasi besar-besaran di Jepang untuk membangun pembangkit listrik ini.

Kebutuhan listrik Sumsel semakin meningkat dan harus memiliki solusi lain di luar pembangkit yang sudah ada, seperti membangun PLTS . Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Jakabaring Palembang akan dimulai pada Maret 2016 karena lahan telah siap digunakan.

Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Provinsi Sumsel Ruslan Bahri di Palembang, Rabu mengatakan, lahan sudah siap dan tinggal melaksanaan pemancangan tanda dimulai pembangunan tersebut. “Lahan untuk pembangunan PLTS itu sekitar 2,5 hektare dan areal tersebut milik pemerintah provinsi Sumsel,” ujarnya pada jurnalsumatra.com.

Menurut dia, pembangunan PLTS itu bekerja sama dengan pemerintah Jepang dengan pengerjaan proyek PT Sharp. “Pembangunan awal nanti tenaga ahli dari Jepang sendiri yang turun langsung untuk pengerjaan sumber penerangan bebas polusi itu,” kata dia.

Dia mengatakan, PLTS itu dengan kapasitas 2 MW dan sumber penerang tersebut akan diutamakan untuk kawasan olahraga Jakabaring Palembang. Namun, lanjut dia, sebelum dijual kepasaran umum PLTS tersebut akann digunakan untuk kegiatan Asian Games 2018.

Sementara Kepala Bidang Pengembang Energi PD Pertambangan dan Energi Sumsel Aryo Wiman Nur Ibrahim mengatakan, mengenai pembiayaan sendiri setengah dari Jepang dan dibantu pemerintah pusat. “Produksi listrik tersebut nantinya akan dijual kepada masyarakat melalui kerja sama dengan PT PLN,” ujar dia.(yuyun)

Share.