Petugas Lapas Pulau Nusakambangan Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

0

Cilacap, jurnalsumatra.com – Petugas di sejumlah lembaga pemasyarakatan (lapas) Pulau Nusakambangan, Cilacap, diminta meningkatkan kewaspadaan pascaledakan bom di Jakarta, kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Tengah Molyanto.
“Kami minta waspada saja. Insya Allah enggak ada apa-apa,” katanya saat dihubungi Antara dari Cilacap, Kamis.
Menurut dia, pemeriksaan terhadap pembesuk yang akan mengunjungi narapidana khususnya terpidana kasus terorisme yang menghuni sejumlah lapas di Pulau Nusakambangan tetap seperti biasa.
Dia mengakui jika pengamanan Pulau Nusakambangan pada Selasa (12/1) sempat ditingkatkan karena adanya proses pemindahan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir dari Lapas Kelas I Batu menuju Pengadilan Negeri Cilacap dan sebaliknya.
Kendati demikian, dia mengatakan bahwa pembesuk yang akan mengunjungi narapidana di Pulau Nusakambangan tetap dilayani.
“Bagi kami, pelayanan kepada masyarakat tetap nomor satu,” katanya.
Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap kondisi keamanan saat sidang peninjauan kembali yang diajukan Abu Bakar Ba’asyir di PN Cilacap pada Selasa (12/1).
Menurut dia, kondisi keamanan baik di Lapas Batu maupun PN Cilacap selama persidangan tersebut berjalan dengan lancar dan aman.
“Kemudian di lapas-lapas lain di Nusakambangan yang ada terorisnya juga alhamdulillah kondusif,” jelasnya.
Ia memperkirakan pengamanan sidang lanjutan yang akan digelar pada 26 Januari 2016 bakal ditingkatkan oleh aparat keamanan karena ada beberapa saksi yang akan menjalani pemeriksaan.
Molyanto mengharapkan ledakan bom dan aksi penembakan di Jakarta tidak berimbas terhadap kondisi keamanan di Pulau Nusakambangan termasuk saat sidang lanjutan PK Ba’asyir.
Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Ulung Sampurna Jaya belum bisa dikonfirmasi terkait pengamanan sejumlah objek vital di Cilacap khususnya Pulau Nusakambangan termasuk sidang lanjutan PK Ba’asyir pascaledakan bom dan aksi penembakan di Jakarta pada hari Kamis (14/1).
Akan tetapi sebelumnya, Ulung mengatakan bahwa pengamanan sidang lanjutan terhadap PK yang diajukan B’asyir akan ditingkatkan.
“Untuk sidang selanjutnya, pengamanan akan lebih diperketat dan kemungkinan besar akan ada tambahan personel pengamanan. Kita akan tetap mengantisipasi dan akan lebih ketat, teknisnya seperti apa, nanti,” katanya usai memantau pengamanan sidang di PN Cilacap, Selasa (12/1).(anjas)

Share.