Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


BPK Minta PEMDA Siapkan Laporan Berbasis Akrual

0

Batam, jurnalsumatra.com – Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Kepulauan Riau meminta pemerintah daerah menyiapkan laporan akuntansi berbasis akrual yang akan mulai diterapkan pada 2016.
“Jangan sampai perpindahan dari cash basis ke akrual basis membuat penilaian WTP jadi jungkir balik,” kata Kepala Perwakilan BPK Kepri Isman Rudi di Batam, Jumat.
Sesuai Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah, seluruh entitas pemerintahan di Indonesia harus menerapkan basis akrual untuk penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).
Sampai 2014, laporan keuangan pemerintah kabupaten/kota di Kepri masih berbasis kas. “Kalau ada kekurangan, masih cukup waktu untuk memperbaiki,” kata dia.
Menurut dia, sistem keuangan akan lebih baik bila menggunakan basis akrual.
Laporan keuangan berbasis akrual dilakukan dengan menyandingkan pendapatan dan biaya pada saat terjadi transaksi, bukan hanya pencatatan pada saat pendapatan tersebut diterima ataupun biaya tersebut dibayarkan (Cash Basis).
Selain mencatat transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, laporan berbasis akrual juga mencatat jumlah utang dan piutang, karenanya laporan dengan basis akrual itu dipercaya dapat memberikan gambaran yang lebih akurat atas kondisi keuangan dari pada akuntansi berbasis kas.
Sementara itu, Penjabat Gubernur Kepri, Nuryanto berharap BPK dapat memberikan pemahaman kepada pemerintah dalam menerapkan aturan laporan keuangan yang baru.
“Agar dapat menjalankan anggaran yang dimiliki sesuai dengan aturan,” kata dia.(anjas)