Danrem 172 Perintahkan Satgas Pamtas Gelar “Sweeping”

0

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Kolonel Inf Sugiyono memerintahkan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG menggelar patroli dan memperketat “sweeping” terkait kaburnya 13 narapidana/tahanan dari Lapas Abepura beberapa hari lalu.
“Saya sudah perintahkan kepada jajaran di lapangan terutama satuan yang berada dibawah langsung Korem 172/PWY untuk menyekat ruang gerak 13 narapidana yang kabur dari Lapas Abepura,” katanya lewat pesan media sosial di Kota Jayapura, Papua, Rabu.
Sebagai Kolakopsrem 172/PWY, kata dia, pada Selasa (12/1) telah menggelar apel Satgas yang diikuti oleh personel organik Korem, Kodim 1701/Jpr, Satgas 406, Satgas 411 dan Satgas 431 di Makorem, Padang Bulan, Kota Jayapura.
“Apel Satgas itu untuk menindaklanjuti pertemuan lintas sektoral pada Senin (11/1) di markas Polda Papua guna menentukan langkah dan tindakan yang harus diambil guna mengantipasi perkembangan situasi wilayah,” katanya.
Apalagi, kata dia, pada akhir 2015 ada sejumlah peristiwa yang banyak menimbulkan korban baik aparat maupun masyarakat, yang dilakukan oleh saudara yang masih beda pendapat dan dengan adanya 13 narapidana yang kabur dari Lapas Abepura, yang dinilai sangat berbahaya dan berpengaruh terhadap keamanan wilayah.
“Untuk itu, kita harus ofensif dan aktif dengan melaksanakan patroli dan merperketat sweeping, tiap pos harus ada foto dan data 13 narapidana tersebut. Saya sudah perintahkan tutup jalan tikus (alternatif) menuju PNG jangan beri peluang mereka lolos,” katanya.
Ketiga belas narapidana yang kabur itu, kata dia, merupakan orang-orang yang berbahaya, karena dengan tega membunuh aparat dan masyarakat.
“Saya juga telah perintahkan tiap pelaksanaan sweeping harus libatkan Polri dan kalau perlu libatkan aparat pemerintahan setempat. Dalam bertindak dilapangan harus tegas dan sesuai prosedur agar di wilayah Korem 172/PWY tercipta kondisi yang aman, tentram dan damai sehingga masyarakat dapat beraktifitas dengan baik,” katanya.(anjas)