Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


PEMKOT Padang Didesak Hentikan Beri Imb Hotel

0

Padang, jurnalsumatra.com – Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Sumatera Barat, Wahyu Iramana Putra mendesak pemerintah setempat menghentikan sementara penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk hotel.
“Karena tingkat kunjungan wisatawan dan hunian hotel sudah cukup dengan delapan hotel yang sudah dapat izin,” kata dia di Padang, Jumat.
Ia mengingatkan agar pemerintah jangan mengecewakan investor dengan terus mengeluarkan IMB hotel, karena hotel yang ada saja tingkat huniannya masih rendah.
“Kalau pun akan mengeluarkan izin pendirian hotel yang perlu ditambah di Kota Padang adalah hotel bintang lima, bukan hotel kecil,” katanya.
Ia menilai Kota Padang sendiri belum benar-benar siap dengan meningkatnya kunjungan, karena masih melakukan pembenahan.
Saat ini meningkatnya hunian hotel di Padang terbantu dengan adanya hunian limpahan seperti wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata Mandeh di Pesisir Selatan menginap dulu di Kota Padang.
Kondisi ini harusnya menjadi pertimbangan bagi pemerintah kota dalam melakukan perencanaan sebelum memberikan IMB hotel, karena tidak menutup kemungkinan di kawasan wisata lain seperti Mandeh akan didirikan pula hotel sehingga wisatawan tidak perlu lagi menginap di Padang sebagai persinggahan.
Selain itu, adanya tambahan hotel di Kota Padang harusnya diiringi dengan solusi dari pemerintah dalam meningkatkan kunjungan seperti mengadakan berbagai kegiatan lokal, nasional dan internasional agar tidak merugikan investor dan pengusaha.
“Pemerintah jangan hanya memungut pajak hotel melainkan memberikan solusi agar tingkat hunian hotel dapat terus meningkat,” ujarnya.
Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar, Maulana Yusran menyampaikan saat ini tanpa adanya tambahan 800 kamar di delapan hotel yang telah memiliki IMB, Kota Padang telah mengalami kelebihan jumlah kamar, ini disebabkan jumlah kamar dan tingkat hunian yang tidak sebanding.
Hal ini seharusnya menjadi kajian dan pertimbangan bagi pemerintah kota dalam memberikan IMB hotel di Kota Padang agar tidak menimbulkan kerugian nantinya.
“Pemerintah perlu berdiskusi tentang perizinan itu dengan PHRI dan pihak terkait lainnya agar tidak membuka celah perizinan dengan mudah,” ujarnya.(anjas)