Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Dinkes: Penderita DBD Terbanyak Di Melintang

0

     Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah penderita penyakit demam berdarah terbanyak selama 2015 terdapat di Puskesmas Melintang yaitu sebanyak 24 orang.
“Sebanyak 24 penderita tersebut dengan rincian pada Januari sembilan penderita, Februari empat penderita, Maret dan April satu penderita, Mei dua penderita, Juni tiga penderita, September satu panderita, Oktober dua dan Desember satu penderita, sedangkan Juli, Agustus dan November tidak ada kasus,” kata Staf bagian Pengelola Program DBD Dinkes Pangkalpinang, Aspin di Pangkalpinang, Senin.
Kemudian, di Puskesmas Gerunggang terdapat 14 penderita, di Pangkalbalam 13, di Selindung dan Air Itam masing-masing sembilan, di Pasir Putih tiga, di Girimaya dan Taman Sari masing-masing dua serta di Kacang Pedang satu penderita.
“Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penularan penyakit itu seperti melakukan sosialisasi tentang bahaya DBD serta pengasapan di daerah rawan. Kami harap pada 2016 ini terjadi penurunan yang cukup signifikan,” ujarnya.
Menurut dia, dalam pencegahan penularan penyakit itu peran serta masyarakat sangat dibutuhkan demi terwujudnya lingkungan yang sehat dan bersih.
“Yang pasti seluruh instansi terkait dan warga harus saling bekerja sama untuk ikut serta menjaga kebersihan lingkungan demi tercapainya usaha yang maksimal dalam menekan angka penderita DBD,” ujarnya.
Ia mengatakan, pada 2015 dilakukan 24 kali pengasapan di daerah-daerah rawan sebagai antisipasi dini pencegahan penularan penyakit itu.
“Sebelum dilakukan pengasapan kami terlebih dahulu melakukan penyelidikan di daerah rawan agar upaya yang dilakukan tepat sasaran dan maksimal,” ujarnya.(anjas)