Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pemprov Dukung Rancangan Utama Pendidikan Kaltara

0

     Tanjung Selor, jurnalsumatra.com – Pemprov Kalimantan Utara mendukung penuh rancangan utama bidang pendidikan yang kini tengah digodok oleh DPRD provinsi termuda atau ke-34 itu.
Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kaltara Zainuddin HZ di Tanjung Selor, Selasa mengatakan bahwa sangat merspon adanya rancangan utama  pendidikan yang tengah digodok oleh legislatif.
“Kami sambut baik adanya grand design pendidikan untuk Kaltara ini,” kata Zainudin.
Zainuddin mengatakan bahwa rancangan itu akan dicocokan dengan visi misi dari gubernur definitif. Sehingga, pendidikan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kaltara.
“Dengan adanya gubernur definitif nantinya, kami akan memanggil Dinas Pendidikan kabupaten kota untuk membahas grand design pendidikan di Kaltara ini seperti apa,” kata Zainuddin.
Disamping itu, ia mengatakan tidak terlepas dari RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) selama 5 tahun kedepan, begitu pula dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP).
“Sehingga nantinya ada kesinambungan, sinergitas dalam grand design pendidikan ini,” katanya.
Hampir tiga tahun berjalan, Pemprov Kaltara belum menentukan arah pendidikan yang jelas. Oleh karenannya, dengan adanya grand design pendidikan, maka pemerintah juga dapat menyiapkan SDM kedepan.
“Yah tentu melihat daripada potensi yang ada di Kaltara, dengan adanya grand design pendidikan diharapkan dapat melahirkan SDM yang berpendidikan dengan berdaya saing, baik didaerah maupun diluar daerah itu,” ungkapnya.
Salah satunya, dengan kewenangan provinsi untuk menaungi sekolah yang menjadi tanggung jawab pemprov. Zainuddin mengatakan pihaknya tengah merencanakan pembangunan sekolah unggulan.
“Adanya sekolah unggulan di tingkat SMA ini dapat menciptakan pelajar dari SMP yang berprestasi dapat masuk ke sekolah unggulan untuk menciptakan pemimpin masa depan,” papar Zainuddin.
Namun demikian, sekolah unggulan ini juga akan diusulkan sebagai salah satu grand design pendidikan tersebut.
“Jadi kedepannya kami merencanakan adanya sekolah unggulan dalam rangka mencetak kader-kader pemimpin yang cerdas,” katanya.
Dengan begitu, ia berharap antara pemerintah maupun pihak terkait lainnya dapat bersinergi untuk menentukan arah pendidikan yang ada di Kaltara.
“Mudah-mudahan rencana sekolah unggulan di Kaltara ini dapat diterima sebagai salah satu konsep grand design pendidikan kita di Kaltara,” ujar dia.(anjas)