Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Angin Kencang Picu Gelombang Tinggi Di BABEL

0

Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memprakirakan potensi angin kencang pada Sabtu (23/1), sehingga dapat memicu kenaikan ketinggian gelombang laut di jalur pelayaran.
“Kecepatan angin diprakirakan mencapai 40 kilometer per jam dengan ketinggian gelombang laut hingga lebih dari dua meter,” kata Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Tri Yulianto, di Pangkalpinang, Jumat.
Ia menyatakan, ketinggian gelombang laut itu antara lain berpotensi terjadi di utara Pulau Bangka dan Perairan Selat Karimata.
“Kecepatan angin di perairan ini meningkat dibanding hari sebelumnya yang mencapai 33 hingga 36 kilometer per jam dengan ketinggian gelombang berkisar antara satu hingga 1,5 meter,” ujarnya pula.
Pihaknya telah mengimbau agar nelayan tradisional lebih meningkatkan kewaspadaan dan tetap siaga saat beraktivitas di laut.
“Nelayan diharapkan berhati-hati terutama nelayan tradisional yang menggunakan kapal penangkap ikan dengan bobot dan ukuran kecil, karena angin kencang di perairan ini bisa memicu kenaikan gelombang laut yang lebih tinggi,” katanya lagi.
Ia menambahkan, ketinggian gelombang laut di jalur pelayaran Babel lainnya yakni di Selat Bangka, Selat Gelasa dan selatan Pulau Bangka berkisar antara 0,5 hingga 1,5 meter, disertai angin dengan kecepatan 10–36 kilometer per jam.
Berdasarkan pantauan satelit cuaca, potensi hujan masih akan terjadi di daratan Babel seperti beberapa hari yang lalu.
“Seluruh daratan Babel di tujuh kabupaten kota diprakirakan terjadi hujan, namun masih adalam intensitas ringan,” kata dia pula.(anjas)