Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Bupati Lahat Kunjungi Korban Banjir Dibeberapa Kecamatan

0

Langsung Kucurkan Bantuan Terhadap Korban

Bupati Lahat Kunjungi Korban Banjir Dibeberapa Kecamatan

Bupati Lahat Kunjungi Korban Banjir Dibeberapa Kecamatan

Lahat, jurnalsumatra.com – Korban bencana banjir yang dialami oleh warga dibeberapa Kecamatan, disambungi oleh orang nomor satu Pemimpin Lahat.

Bupati Lahat Saifudin Aswari, SE didampingi Kapolres Lahat, Dandim 0405 Lahat, serta unsur SKPD dilingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lahat, meninjau lokasi banjir yang terjadi dibeberapa titik yang salah satunya di Desa Batay, Kecamatan Gumay Talangm, lalu, di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, dalam kunjung kali ini, Ketua partai Gerindra Provinsi Sumsel ini, secara langsung menyambangi lokasi serta rumah-rumah korban yang ada.

“Kami mintak agar korban yang ada, dapat bersabar dalam menghadapi bencana ini. Ini semua cobaan dari yang maha kuasa. Dan, percayalah Allah SWT tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan umatnya,” ungkap Aswari, dalam kunjungannya, Senin (25/1).

Saat di Desa Batay, Kecamatan Gumay Talang, Bupati menyarankan untuk membuat kolam resapan (Ritensi) yang berada didekat aliran sungai, dengan tujuan supaya air sungai bisa terkendali dan tidak langsung menerobos kerumah warga. Konsep ini diharapkan bisa mengantisipasi terjadinya banjir. Menurutnya, untuk lahannya sendiri Pemerintah Daerah (Pemkab), membutuhkan setidaknya 1 sampai 2 Hektar.

“Oleh sebab itu, untuk mengatisipasi kedepan, kita akan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dan pihak Kecamatan agar dapat segera mungkin mencarikan Lahan dan Pemkab siap ganti rugi untuk kolam Retensi,” tambahnya.

Usai dari melihat korban di Desa Batay, orang nomor satu Pemimpin Lahat ini, melanjutkan serta menyambangi korban yang ada di Desa Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, dilokasi Aswaripun langsung menyambangi rumah maupun korban yang ada. Diketahui, banjir yang melanda di Desa Gunung Kembang ini, diduga faktur utamanya, akibat luapan Sungai Kikim yang berada disamping jalan. Sehingga, air naik sampai ke Jl serta masuk kepemukiman warga, karena pemukinan warga sangat rendah dan rentang dengan luapan air Sungai Kikim.

“Atas nama Pemkab Lahat, saya turut prihatin atas bencana yang ada. Oleh karenanya, kami sarankan kepada masyarakat yang berada dipinggiran sepanjang aliran sungai untuk mau direlokasi ketempat yang lebih aman,” saran Bupati Lahat.

Sebab, sambung Aswari, bahwa Sungai Kikim ini memiliki karakteristik dasar sungai yang keras, bagi masyarakat yang berada dipinggiran sungai diharapkan melakukan musyawarah terlebih dahulu sebelum direlokasi. Bagi masyarakat yang sudah mau direlokasi akan segera dilakukan dan diharapkan kepada dinas-dinas terkait untuk bisa cepat tanggap darurat dalam mengatasi bencana ini.

“Saya mintak kepada Dinas terkait agar segera mungkin turun kelokasi, guna melihat warga serta membantu seperti obat-obatan, air bersih dan keperluan masyarakat yang lainnya,” perintah Bupati Lahat.

Pesan tersebut disampaikan oleh Aswari, karena, dikesempatan itu, mantan Ketua DPD partai Golkar Kabupaten Lahat ini, mendengarkan beberapa keluhan warga yang diantaranya mengenai persediaan air bersih dan penyakit kulit. Dalam hal ini Bupati Lahat mengharapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lahat, dan beberapa dinas terkait untuk bersama-sama mengatasinya.

“Oleh sebab itu, saya mintak dinas terkait agar dapat segera mungkin turun kelokasi yang ada, serta memberikan bantuan terhadap korban yang ada,” ingat Aswari.

Sementara itu penanggulangan bencana ini dibantu oleh pihak TNI Kodim 0405 Lahat & Anggota Polri dari Polres Lahat yang diikuti juga dari beberapa relawan tanggap darurat bencana secara bersama membuat dapur umum. (adv/Din)