Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


792 Kafilah Bakal Ramaikan MTQ Ke XXVII

0

KAYUAGUNG, SUMSEL. Jurnalsumatra.com – Sebanyak 792 kafilah yang merupakan perwakilan dari 18 kecamatan yang berada di wilayah ‎Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), bakal meramaikan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVII tingkat Kabupaten OKI.

“Kegiatan MTQ pada tahun ini akan diikuti setidaknya 792 kafilah dari 18 kecamatan yang berada di Kabupaten OKI. Kegitan tersebut rencananya akan dipusatkan di Desa Catur Tunggal, Kecamatan Mesuji Makmur,” Kata Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan (Kesra) Setda OKI, Asnil Fikri, Selasa (26/1/2016).

Lebih jelas Asnil mengatakan, MTQ ke XXVII tingkat Kabupaten OKI ini rencananya akan digelar sejak 17 Februari hingga 23 Februari mendatang. “Sekarang sedang tahap persiapan, undangan telah kita sebar ke 18 kecamatan terkait cabang-cabang yang akan diperlombakan,” paparnya.

Menurutnya, ada 22 cabang yang akan diperlombakan pada MTQ ke XXVII tingkat OKI, untuk kategori putra dan putri. “22 cabang putra-putri, sehingga jumlah kafilahnya sebanyak 792 orang ditambah offisial. Kita pastikan home stay yang akan dipersiapkan layak dan memadai untuk para kafilah. Begitu juga untuk lokasi pelaksanaan dan panggung utama, akan dipersiapkan sedemikian rupa agar para peserta ini betah dan nyaman,” terangnya.

Saat ini, sambung Asnil, pihaknya sedang melakukan seleksi dewan hakim yang akan menjadi juri nantinya. “Dewan hakim ini diambil dari mereka yang memang mumpuni di bidangnya. Kami pastikan dewan hakim ini orang yang benar-benar paham dan tidak akan berpihak dengan salah satu peserta atau kafilah,” tandasnya.

Ditanya mengenai target MTQ tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan pada Maret atau April 2016 di Lubuk Linggau, Asnil menuturkan, pihaknya menargetkan OKI masuk di 5 besar seperti tahun-tahun sebelumnya. “Kita tidak muluk-muluk, masuk 5 besar saja sudah bersyukur. Memang jika melihat prestasi tahun sebelumnya, kita berada di posisi 2 besar. Intinya kita optimis tetap bertahan di posisi tersebut, syukur-syukur mampu meraih juara umum 1,” ungkapnya.

Sementara Bupati OKI, Iskandar SE mengatakan, indikator keberhasilan MTQ tidak di lihat dari faktor kesemarakan semata. Namun yang lebih penting yaitu implementasikan  nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an dapat diwujudkan di kehidupan masyarakat OKI.

“Kita juga berjanji akan memberikan penghargaan bagi mereka yang berprestasi, baik pada MTQ tingkat OKI maupun tingkat Provinsi nantinya. Untuk tingkat Provinsi seperti biasa akan kita umrohkan bagi mereka yang berprestasi,” ungkap Iskandar. (RICO)