Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Imigrasi Palembang Proses Deportasi Warga Tiongkok

0

Palembang, jurnalsumatra.com – Petugas Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Sumatera Selatan, tengah melakukan proses hukum dan administrasi deportasi seorang warga negara Tiongkok.
“Warga negara asing itu segera dipulangkan secara paksa (deportasi) ke negara asalnya Tiongkok karena tidak bisa menunjukkan dokumen keimigrasiannya ketika terjaring petugas yang melakukan operasi rutin penertiban warga negara asing,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Bogi Widiantoro, di Palembang, Selasa.
Menurut dia, dalam proses menunggu pelaksanaan deportasi, warga negara asing itu tidak ditahan di ruang detensi imigrasi karena ada kenalannya di Kota Palembang dan bersedia menjamin yang bersangkutan bisa bekerja sama dengan petugas jika sewaktu-waktu dibutuhkan keterangannya.
Untuk melakukan deportasi akan dilakukan secara hati-hati sesuai dengan prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku sehingga tidak menimbulkan masalah dan protes dari diri yang bersangkutan atau negaranya.
Jika proses hukum dan administrasinya dipastikan berjalan sesuai ketentuan, tindakan deportasi perdana pada 2016 ini segera dilakukan dan diharapkan dapat memberikan peringatan bagi warga negara asing lainnya yang mencoba datang ke Palembang dan wilayah Sumsel lainnya tanda mengikuti prosedur hukum yang jelas, katanya.
Dia menjelaskan, tindakan deportasi itu dilakukan setelah menjalani proses pemeriksaan petugas Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) warga asing itu terbukti melakukan pelanggaran Undang Undang No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.
Sesuai UU Keimigrasian, tindakan yang dilakukan terhadap orang asing yang terbukti melanggar izin tinggal  harus dikenakan tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi, kata Bogi.(anjas)