Legislator: SKPD Harus Kreatif Gali PAD

0

Sampit, jurnalsumatra.com – Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional Demokrat DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Muhammad Shaleh meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah lebih kreatif dalam menggali pendapatan asli daerah.
“Kami ingin setiap SKPD yang ada di Kotawaringin Timur (Kotim) bisa lebih gigih dan kreatif dalam menggali pendapatan asli daerah (PAD), dan disesuaikan dengan potensi yang dapat dikembangkan,” katanya di Sampit, Selasa.
Selain gigih dan kreatif, kata dia, target perolehan PAD yang ditetapkan SKPD juga harus rasional serta sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
Menurut Shaleh, penetapan target perolehan PAD yang dilakukan SKPD selama ini belum sesuai dengan harapan. Masih banyak potensi yang bisa digali untuk memperbesar penerimaan PAD.
“Saya lihat masih ada SKPD yang sengaja menargetkan perolehan PAD rendah agar bisa dicapai bahkan dilampaui targetnya, dan terlihat berhasil atau menjadi sebuah prestasi,” katanya.
Shaleh meminta pemimpin daerah itu untuk melakukan evaluasi pencapaian target perolehan PAD di setiap SKPD sehingga target yang ditetapkan rasional sesuai potensinya.
Dengan adanya evaluasi tersebut diharapkan dapat diketahui kendala yang dihadapi SKPD dalam menggali berbagai potensi PAD di kabupaten tersebut.
Pemimpin daerah juga harus bisa memberikan dan mencari solusi alternatif terhadap kenadala yang dihadapi SKPD. Tujuan dari evaluasi tersebut agar dalam menetapkan target perolehan PAD sesuai dengan sektor yang ditanganinya.
“Saya kira SKPD tidak perlu takut dalam menetapkan perolehan PAD, sebab semakin besar target yang ditetapkan akan semakin bagus,” ucapnya.(anjas)