Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


MK: Empat Sengketa PILKADA Lolos Syarat Formil

0

Jakarta, jurnalsumatra.com – Mahkamah Konstitusi (MK) menyebutkan empat perkara sengketa Pilkada Serentak 2015 dinilai lolos syarat formil, sehingga perkaranya dapat dilanjutkan hingga ke persidangan.
“Secara formil sudah memenuhi syarat sehingga otomatis lanjut ke sidang berikutnya,” ujar Juru Bicara Mahkamah Konstitusi Fajar Laksono di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Selasa.
Keempat perkara Pilkada itu  Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Kabupaten Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat.
“Sidang selanjutnya langsung ke pokok perkara, langsung mendengarkan keterangan saksi baik dari pihak pemohon, termohon, dan pihak terkait,” kata Fajar.
Dalam mendengarkan keterangan saksi, masing-masing pihak berhak mengajukan dan atau membawa lima orang saksi dan satu orang ahli.
“Sehingga kira-kira semua jadi ada 18 orang yang memberikan keterangan,” tambah dia.
Sejak Senin (18/1) hingga Selasa (26/1) pukul 15.00 WIB Mahkamah Konstitusi sudah memutus 130 perkara sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015, dari total 147 perkara.
Dari 130 perkara yang sudah diputus, sebanyak 120 perkara tidak dapat diterima karena tidak memenuhi syarat formil.
“Mulai Senin (1/2) sidang sudah beragendakan mendengarkan keterangan saksi dari pihat pemohon, termohon, dan pihak terkait,” pungkas Fajar.(anjas)