Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Tiga Negara Bantu Sumsel Restorasi Lahan Gambut

0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Sebanyak tiga negara akan membantu Sumatera Selatan dalam merestorasi lahan gambut yang ada di daerah tersebut agar terhindar dari kebakaran dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.
Negara yang akan bekerja sama dengan Provinsi Sumsel melestarikan dan memanfaatkan lahan gambut itu yakni Belanda, Inggeris dan Norwegia, kata sfat ahli gubernur Sumsel bidang perubahan iklim Najib Asmani, di Palembang, Selasa.
Pihaknya bekerja sama dengan negara asing untuk mengantisipasi supaya pada 2016 ini tidak terjadi lagi kerusakan lingkungan seperti kebakaran hutan dan lahan seperti yang terjadi tahun lalu.
Kerusakan lingkungan harus dicegah sedini mungkin antara lain melalui program pengelolaan yang terencana bekerja sama dengan negara tiga tersebut, ujar dia.
Menurut dia, kerja sama tersebut meliputi kegiatan inventarisasi data, penguatan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat sekitar lingkungan hutan.
Memang, lanjut dia, bukan kerja sama itu saja yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumsel dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan.
Banyak yang akan dilakukan, seperti pemetaan desa rawan kebakaran hutan dan membentuk masyarakat peduli api, kata dia.
Semua program tersebut sebagai bentuk keseriusan Pemprov Sumsel terhadap lingkungan, selain untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, katanya lagi.
Sebelumnya Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Komarudin Simanjuntak dalam rapat koordinasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan mengatakan, pihaknya siap membantu mencegah tejadinya kerusakan lingkungan akibat lahan terbakar.
Pihaknya antara lain akan mendirikan pos pemantau untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan tersebut, kata dia.(anjas)