Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


WAGUB: 973 Warga EKS-Gafatar Tunggu Dipulangkan

0

Pontianak, jurnalsumatra.com – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Chistiandy Sanjaya mengatakan hingga hari ini, anggota Gafatar yang masih tersisa di penampungan Bekangdam XII Tanjungpura atau menunggu dipulangkan ke daerahnya masih sekitar 973 orang.
“Hari ini sebanyak 823 warga eks-Gafatar yang dipulangkan menggunakan KRI Teluk Bone dari Pelabuhan Dwikora Pontianak menuju Jakarta,” kata Christiandy Sanjaya di Pontianak, Selasa.
Ia menjelaskan, pihaknya masih mengupayakan satu lagi KRI untuk mengangkut sisa warga eks-Gafatar tersebut. “Yang  kemungkinan hari Jumat (29/1), baru bisa dilakukan dan tinggal sekali lagi,” katanya.
Terkait pengembalian aset warga eks-Gafatar yang masih tertinggal, dia mengatakan akan dilakukan dengan prosedur melalui pendataan dulu aset-aset warga eks Gafatar itu oleh pihak pemkab masing-masing, setelah itu di kirim ke pemilik aset yang bersangkutan.
“Karena aset tersebut, kami inginkan tetap menjadi hak mereka,” tegasnya.
Dia menepis anggapan bahwa pemulangan warga eks Gafatar ini melanggar HAM. “Kami melihat dari upaya yang dilakukan justru menjaga keamanan mereka, sehingga ini dinilai langkah yang terbaik. Dan kami sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat,” ujarnya.
Justru, menurut dia, kalau nanti terjadi apa-apa dengan nyawa mereka. “Nanti kami pula yang disalahkan karena tidak melindungi dan melanggar HAM,” katanya.
Sebagai orang yang dipercaya sebagai koordinator pemulangan warga eks Gafatar tersebut. Christiandy menegaskan, pihaknya bersama pihak terkait masih tetap mengkonsentrasikan untuk pemulangan warga eks Gafatar tersebut.
“Saya bersama tim masih fokus pada pemulangan sebanyak 973 warga eks Gafatar ke daerah masing-masing,” kata Christiandy.(anjas)