Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Sekda: Cetak KTP Elektronik Masih Temui Kendala

0

Palembang, jurnalsumatra.com – Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Mukti Sulaiman mengatakan, proses cetak kartu tanda penduduk elektronik di daerah itu hingga saat ini masih menemui kendala, karena jarak desa dari kecamatan dan kota cukup jauh.
“Jarak suatu daerah ke pusat ibukota cukup jauh, merupakan salah satu faktor penyebab lambatnya pembuatan KTP Elektronik itu,” katanya di Palembang, Jumat.
Hal ini karena pembuatan KTP elektronik itu harus mendata nama lengkap dan alamat penduduk yang bersangkutan, kata dia.
Menurut dia, bukan itu saja tetapi jarak dari satu tempat ke daerah lain juga mempengaruhi membawa fasilitas pendukung alat cetak dan rekam KTP.
Apalagi di Sumsel masih banyak desa yang terpencil sehingga pembuatan KTP Elektronik itu kurang maksimal, katanya.
Di samping itu, kata dia, sumber daya manusia untuk melakukan cetak KTP Elektronik masih minim.
Jadi wajar saja pembuatan KTP Elektronik itu belum semuanya selesai karena ada kendala yang dihapadi para petugas di lapangan, ujar dia.
Selain itu proses pembuatan KTP baru diserahkan ke kabupaten dan kota sehingga memakan waktu.
Sebelumnya Kepala Biro Pemerintahan Pemerintah Provinsi Sumsel Edward Chandra mengatakan, memang SDM dalam pembuatan KTP Elektronik itu jumlahnya belum banyak.
Selain itu dalam pengadaan tinta untuk cetak harus dilelang terlebih dahulu sehingga wajar bila pembuatan KTP Elektronik belum semuanya selesai.
Ia menambahkan, berdasarkan data sekitar 30 persen lagi dari jumlah penduduk yang wajib memiliki KTP belum memiliki tanda pengenal tersebut.(anjas)