Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


PTS di Palembang tingkatkan dana penelitian

0

Palembang, jurnalsumatra.com – Salah satu perguruan tinggi swasta di Palembang, Sumatera Selatan, Universitas Bina Darma berupaya meningkatkan dana penelitian untuk mendorong dosen lebih maksimal dalam melaksanakan Tri Darma perguruan tinggi.

“Secara bertahap terus ditingkatkan alokasi dana penelitian untuk memaksimalkan kegiatan penelitian yang merupakan salah satu dari Tri Darma perguruan tinggi,” kata Wakil Rektor Universitas Bina Darma (UBD) Palembang Dr Sunda Ariana, di Palembang, Jumat.

Selain meningkatkan dana penelitian sesuai arahan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Muhammad Nasir, pihaknya juga berupaya mengembangkan kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta, serta lembaga pendidikan terbaik yang ada di dalam dan luar negeri.

Melalui upaya tersebut penelitian yang dihasilkan dari kampus ini bisa dimanfaatkan sebagai referensi dasar oleh semua pihak berkepentingan untuk mengambil kebijakan atau keputusan yang tepat.

Kemudian diharapkan pula hasil penelitian dosen dapat dimanfaatkan untuk potensi sumber daya alam yang tersedia cukup berlimpah dengan mengolahnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah secara ekonomis, katanya.

Dia menjelaskan, khusus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dosen, dan masyarakat secara umum untuk mengimbangi perkembangan pembangunan daerah ini dan mampu bersaing secara global, pihaknya menggandeng sejumlah lembaga pendidikan di luar negeri.

Lembaga pendidikan asing yang digandeng pihaknya seperti Universitas Teknologi Malaysia, dan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center (Seamolec).

“Pembangunan di wilayah Provinsi Sumsel dalam 10 tahun terakhir mengalami kemajuan sangat pesat, kondisi tersebut perlu dimanfaatkan dengan berpartisipasi dalam mendukung program pembangunan sesuai dengan porsi perguruan tinggi,” ujar Sunda.(anjas)