Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


POLDA : 15 Detik Reaksi Sianida Dalam Tubuh

0

Jakarta, jurnalsumatra.com- Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya, Kombes Musyafak, mengatakan bahwa reaksi kimia sianida akan berlangsung cepat selama 15 detik jika sudah masuk ke dalam tubuh.
“Reaksinya cepat, setelah itu bisa berdifusi dengan jaringan sel tubuh,” kata Musyafak ketika ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa.
Setelah tiga menit masuk ke tubuh, reaksi selanjutnya adalah berpengaruh pada pernafasan akan sesak karena kurang oksigen.
Kemudian, rentang delapan sampai 10 menit kemudian akan menyerang otot jantung dan menyebabkan kematian.
“Sianida itu intinya, menghalangi masuknya oksigen ke seluruh tubuh padahal tubuh membutuhkan oksigen banyak, tapi beda dengan arsenik,” katanya.
Fungsinya adalah untuk digunakan dipertambangan biasanya dan tidak mudah untuk didapatkan, walapun beberapa toko kimia bisa dijumpai.
Terkait dengan kematian Wayan Mirna yang keracunan sianida, bentuk sianida yang larut bisa berupa cair dan serbuk, karena kedua bentuk tersebut mampu larut dalam air.
Sedangkan indikasi yang larut dalam kopi adalah hidrogen sianida.
Sebelumnya, Korban pembunuhan, Wayan Mirna Salihin alias Mirna meninggal dunia usai meminum kopi Es Vietnamens di Restauran Olivia di West Mall Grand Indonesia Tanah Abang Jakarta Pusat, Rabu (6/1).
Awalnya teman korban Jessica Kumala Wongso tiba lebih awal dibanding Mirna dan seorang rekan lainnya Hani di gerai tersebut pada pukul 16.09 WIB.
Jessica memesan minuman Cocktail dan Fashioned Sazerac untuk dirinya Hani, sedangkan Mirna dipesankan Es Vietnam Kopi.
Korban Mirna dan Hani datang ke lokasi sekitar pukul 17.00 WIB.
Mirna menyeruput minuman Es Vietnam Kopi namun korban kejang-kejang setelah minum sekali sedot.
Korban sempat dibawa ke klinik di pusat perbelanjaan terkenal tersebut lalu dirujuk ke Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng Jakarta Pusat.(anjas)