Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Dinkes Lahat : Puluhan Kasus DBD Anak Dibawah Umur

0
Dinkes Lahat : Puluhan Kasus DBD Anak Dibawah Umur

Dinkes Lahat : Puluhan Kasus DBD Anak Dibawah Umur

Lahat, jurnalsumatra.com – Awal 2016 ini, hasil pendataan yang diterima pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat, setidaknya ada 22 kasus demam berdarah dengue (DBD) terdeteksi, walaupun belum dinyatakan kejadian luar biasa (KLB) akan tetapi, kewaspadaan tetap selalu dijaga.

Demikianlah disampaikan oleh Kepala Dinkes Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Kesehatan, Ubaidillah SKM MKes melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Danang Sudiyantoro SKM.

“Menurutnya, dari 22 kasus berhasil didata, mayoritas menyerang anak-anak dibawah usia 10 tahun, memang mereka rentan,” ujarnya lugas.

Menurut Danang, penyebab utamanya tidak lain tingginya curah hujan, sehingga perkembangan biak dari nyamuk tersebut cepat sekali, apalagi genangan air sebagai tempat bertelurnya. Oleh sebab itu, sambungnya, diharapkan masyarakat membasmi jentik dengan program 3M plus, memeriksa jentik berkala, tiap ada penampungan atau air tergenang harus dicek kalau ada jentik di laporkan ke puskesmas maupun dinkes.

“Jangan pernah melupakan 3M plus serta pemeriksaan jentik secara berkala, apabila ada perkembangan biak dari nyamuk, agar segera dilaporkan kepada puskesmas terdekat atau ke Dinkes langsung,” imbuh Danang.

Selain itu, dikatakannya, di masing-masing harus ada juru pemantau jentik (jumantik) yang berasal dari anggota keluarga bersangkutan, oleh sebab itu, peran serta masyarakat perlu ditingkatkan sehingga program-program berjalan hingga 100 persen.

“SMP telah dilaksanakan pada November, lebih cepat dilakukan fogging. Menjelang akhir musim hujan dilaksanakan hal serupa, sirkul akan dilakukan 4 kali fogging dalam setahun daerah endemis, kalau bukan cukup 2 kali saja. Informasi untuk virus Zika di Lahat belum ditemukan, agar masyarakat untuk ekstra hati-hati,” tuturnya. (Din)