Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Warga Labuhan Batu Selatan Meninggal Karena DBD

0

    Medan, jurnalsumatra.com – Dua warga Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Provinsi Sumatera Utara meninggal dunia akibat terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD).
Kabid Pembinaan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Labuhan Batu Selatan Fernando Manik yang dihubungi Antara di Medan, Sabtu, mengatakan, dua warga yang meninggal dunia itu bernama Nurmiah (17) warga Dusun Sisumut dan Yuli Tanjung (13) warga Desa Mampang.
Kedua warga yang meninggal dunia akibat menderita DBD pada Januari 2016.
Secara keseluruhan, DBD tersebut ditemukan di empat kecamatan di Labuhan Batu Selatan yakni Kecamatan Kota Pinang, Kampung Rakyat, Torgamba, dan Silangkitang.
Dari pendataan yang dilakukan, penyakit yang diakibatkan gigitan nyamuk aedes aegypti tersebut melanda 35 warga yang tersebar di empat kecamatan itu.
“Kalau di sini (Kabupaten Labuhan Batu Selatan) ada lima kecamatan, tapi yang kena empat (kecamatan). Sejumlah 35 orang yang kena, dan dua orang meninggal,” katanya.
Menurut dia, selain memberikan bantuan medis, Dinas Kesehatan Labuhan Batu Selatan juga melakukan pengasapan (fogging) untuk membasmi nyamuk aedes aegypti.
Kemudian, pihaknya melakukan penyuluhan melalui kerja sama lintas sektoral untuk memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai cara menjaga kesehatan.
“Dengan instansi lintas sektoral, kita berupaya mengubah pola pikir masyarakat,” ujar Fernando.(anjas)