Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Festival Jenang Digelar Di Solo

0

Solo, jurnalsumatra.com- Festival Jenang Solo digelar 14 – 17 Februari 2016 di kawasan Ngarsapuro, Solo, Jawa Tengah, dengan menampilkan berbagai macam jenang dari berbagai daerah.
Ketua FJS  Mayor Haristanto  di Solo, Selasa, mengatakan untuk mengawali acara tersebut tidak kurang dari 1.000 takir jenang ludes dalam sekejap saat dibagikan panitia FJS  2016 kepada pengunjung Car Free Day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi, Minggu (7/2).
Ia mengatakan pembagian jenang tersebut dilakukan guna menyambut pelaksanaan FJS 2016.
“Acara ini merupakan pre event Festival Jenang yang diselenggarakan 14-17 Februari di kawasan Ngarsapura. Dalam kesempatan ini, kami menyediakan berbagai macam jenang seperti jenang ketan, jenang mutiara dan sebagainya,” katanya.
Mayor menambahkan, pembagian jenang gratis tersebut juga menjadi sarana sosialisasi penyelenggaraan FJS, yang diselenggarakan guna menyambut HUT ke-271 Kota Solo.
“Tema Festival Jenang Solo 2016 adalah Ragam Jenang Nusantara. Tema ini diambil untuk menggambarkan betapa bervariasinya jenang dan juga makanan tradisional yang ada di Nusantara. Jadi melalui kegiatan tersebut, kami ingin mengenalkan berbagai ragam jenang di Indonesia, termasuk dari Papua atau Kalimantan Barat (Kalbar),” katanya.
Ia mengatakan tidak hanya Jawa saja yang memiliki budaya mengkonsumsi jenang. Masyarakat di beberapa daerah lain pun mempunya kegemaran serupa. “Makanya dengan pelaksanaan FJS 2016, kami ingin agar khalayak juga mengetahui adanya makanan-makanan tradisional tersebut,” katanya.
Dikatakan rencananya, panita bakal membagikan sekitar 2.000 takir jenang dalam puncak festival. Beberapa kegiatan juga akan diselenggarakan selama berlangsungnya FJS. Kemeriahan pre event FJS 2016 juga terasa lantaran usai pembagian jenang panitia berjalan kaki membelah keramaian CFD, sembari membunyikan berbagai alat musik perkusi.(anjas)