Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Warga Protes Shelter PKL Tlogosari Tak Terurus

0

     Semarang, jurnalsumatra.com – Warga yang tinggal di sekitar Shelter Suryokusumo yang sedianya diperuntukkan bagi pedagang kaki lima (PKL) Tlogosari mengeluhkan keberadaan bangunan itu yang tidak terurus.
“Bangunan ini (shelter PKL) tidak terurus. Kalau malam tidak ada penerangan sehingga malah dimanfaatkan untuk berpacaran dan tempat gelandangan,” kata Nisa, warga Tlogosari Semarang, Rabu.
Ia mengatakan sejak bangunan shelter PKL itu selesai dibangun sampai sekarang tidak pernah dirawat dengan baik sehingga terkesan kumuh dan sering disalahgunakan untuk berpacaran anak-anak muda.
Pantauan di lokasi, banyak coretan di beberapa dinding bangunan tersebut, rumput-rumput liar juga terlihat tinggi di taman di dalam shelter, serta di sela paving banyak ditumbuhi tunas pohon pisang.
“Dulu, katanya PKL Tlogosari mau dipindah ke sini awal 2016. Namun, sampai sekarang tidak ada kejelasan. Kalau malam hari, di shelter ini kesannya malah agar ‘horor’ (menakutkan),” katanya.
Nisa mengharapkan Shelter Suryokusumo agar dirawat dengan baik dan segera ditempati, sebab jika tidak diurus akan rusak. Bahkan, beberapa fasilitas ada yang sudah hilang, seperti pompa air dan wastafel.
Warga Tlogosari lainnya, Agus, membenarkan tidak terurusnya Shelter Suryokusumo yang masih berada dalam kompleks Perumahan Tlogosari Semarang sehingga sampai ditumbuhi pohon-pohon pisang.
“Lihat saja, di sela-sela paving di shelter itu banyak muncul tunas pohon pisang. Di tempat itu kan dulunya kebun pisang. Jadi, ya, tidak heran kalau pohon pisang tumbuh subur,” katanya.
Menurut dia, pembangunan shelter itu juga tidak sesuai spesifikasi atau rencana awal, sebab dulunya saat perencanaan pembangunan warga mengajukan adanya pagar yang mengelilingi Shelter Suryokusumo.
“Buktinya, setelah Shelter Suryokusumo selesai dibangun tidak dilengkapi pagar keliling. Ini semestinya diperhatikan pemerintah karena untuk keamanan warga sekitar,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Trijoto Sardjoko berjanji akan segera membangun pagar mengelilingi Shelter Suryokusumo pada tahun ini, termasuk membenahi dan membersihkan shelter itu.
“Pagar akan kami bangun tahun ini. Sebab, tahun lalu anggarannya tidak cukup. Mengenai coretan-coretan, dan sebagainya, kami akan segera bersihkan. Yang jelas, shelter ini akan dirawat,” pungkasnya.(anjas)