Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Gubernur Minta Pengusaha Tambang Bantu Korban Banjir

0

    Pangkalpinang, jurnalsumatra.com – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi meminta pengusaha tambang timah untuk membantu korban banjir dan membangun kembali jalan serta jembatan yang rusak parah akibat bencana alam itu.
“Saya meminta pengusaha tambang untuk ikut membantu pemerintah daerah dalam menangani berbagai masalah pasca banjir besar ini,” kata Rustam Effendi di Pangkalpinang, Jumat.
Menurut dia aktivitas penambangan timah merupakan salah satu pemicu terjadinya banjir besar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah dan Bangka Selatan pada Senin (8/2) hingga Selasa (9/2).

    “Aktivitas penambangan timah di hulu sungai memicu kerusakan hutan, pendangkalan sungai, sehingga ketika hujan lebat sungai tidak mampu menampung air, akhirnya terjadi banjir besar ini,” ujarnya.
Saat ini, kata dia, beberapa titik hutan di hulu sungai Pulau Bangka mengalami kerusakan akibat aktivitas penambangan timah.
“Kami berharap para pengusaha timah ini turut terlibat dan jangan hanya mengambil keuntungan saja dengan mengeruk sumber daya alam di daerah ini,” ujarnya.

     Untuk itu, kata dia, Dinas Pertambangan untuk segera mengumpulkan pengusaha timah dan meminta mereka untuk terlibat dalam menangani berbagai permasalahan yang ditimbulkan banjir besar dengan ketinggian air mencapai 1,5 hingga dua meter.
“Sudah seharusnya pengusaha timah ini peduli dan membantu pemerintah daerah membantu korban banjir, memperbaiki jalan, jembatan yang mengalami kerusakan parah, agar perekonomian masyarakat kembali normal,” ujarnya.(anjas)