Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Penyidik Usut Dugaan Korupsi Di PDAM Ternate

0

     Ternate, jurnalsumatra.com – Penyidik Satuan Tindak Pidana Korupsi (Sat-Tipikor) Reskrim Polres Ternate, Maluku Utara (Malut), mengusut dugaan kasus korupsi pajak di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) senilai Rp1,9 miliar.
“Kami telah mengantongi data transaksi penyetoran Pajak Penghasil (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) Kantor PDAM Kota Ternate yang terindikasi korupsi sebesar Rp 1,9 miliar dari tahun 2012 hingga 2015,” kata Kasat Reskrim Polres Ternate, AKP Sjamsudin Losen di Ternate, Rabu.
Ia mengatakan, pihaknya telah berkonsultasi beberapa data dengan Kantor Pos proses transaksi penyetotan PPh dan PPn, kemudian ada beberapa lembaran foto copy yang belum jelas makanya kita dapat dari KPN itu kurang jelas sehingga dikonfirmasikan ke Kantor Post, bahkan rekapitulasi itu sudah dan sudah rekap semua, sambil menunggu koordinasi dengan BPKP untuk kerugiannya negaranya
Ditanya terkait rencana geledah kantor PDAM, Sjamsudin mengatakan, hal itu belum dilaksanakan, sebab, ada masalah teknis dalam proses penyidikan.
Untuk diketahui, dugaan Korupsi dilingkup PDAM Kota Ternate  ini, nampak tercium dan tengah dalam proses penyelidikan Reskrim Polres Ternate.
Dimana dugaan penyelewengan keuangan PPh dan PPn ini terjadi sejak tahun 2012 hingga 2015 dan disinyalir merugikan keuangan negara sebesar Rp1,9 Miliar yang sebelumnya dibeberkan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Ternate, Hi Jadid Ali.
Sebab, dalam catatan DPR sendiri, dengan biaya sebesar Rp1,9 miliar itu, baru terbayarkan sebesar Rp600 juta, sedangkan sisanya kuat dugaan diselewengkan oleh oknum pejabat PDAM sendiri.
Sementara itu, tiga Fraksi di DPRD Kota Ternate mendesak Walikota Ternate mengevaluasi kinerja Direktur PDAM Kota Ternate, H. Syaiful Djafar.
Permintaan tersebut disampaikan anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPRD Kota Ternate, Mohdar Bailusi, sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD, Junaidi Bahruddin dan ketua Fraksi PPP DPRD, Fahri Bachdar.
Anggota DPRD Kota Ternate, Mohdar Bailusy ketika dihubungi mengatakan, Dirut PDAM H. Syaiful Djafar sudah setahun tidak mampu menyelesaikan masalah air di PDAM dan dinilai gagal sehingga harus dievaluasi.(anjas)