Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Umum – Hotel Kontingen PON XIX/2016 Minimal Bintang Empat

0

Bandung, jurnalsumatra.com – Fasilitas bagi Kontingen PON XIX/2016 Jabar dipersiapkan untuk menggunakan minimal hotel berstandar bintang empat, kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar, Herman Muchtar di Bandung, Sabtu.
“Sesuai dengan standar untuk event olahraga nasional sekelas PON, fasilitas yang disiapkan minimal bintang empat ke atas. Namun itu juga tergantung kebijakan dan pilihan kontingen masing-masing,” kata Ketua Herman Muchtar.
Herman mengatakan, tidak ada kendala dalam jumlah kamar hotel di Jawa Barat untuk menampung Kontingen PON XIX/2016 Jabar, khususnya di wilayah Kota Bandung. Sehingga ketersediaan hotel dengan standar pertandingan bisa didapatkan.
Namun demikian, di beberapa lokasi pertandingan memang tidak ada fasilitas hotel bintang dengan standar bintang empat itu, sehingga menurut Herman terpaksa menggunakan fasilitas yang ada.
“Dari sisi sebaran kamar hotel hampir di setiap lokasi pertandingan ada, meski spesifikasinya bukan bintang empat. Tapi pada umumnya sangat layak,” kata Herman.
Namun demikian, ia belum mendata kontingen-kontingen daerah yang telah melakukan pemesanan kamar hotel di Bandung dan di sejumlah titik lokasi penyelenggaraan PON XIX/2016 di Jabar.
“Data detail ‘booking’ nya saya belum tahu dan belum ada laporan, namun tentunya sudah ada yang ‘booking’,” kata Herman.
Ia menyebutkan, sebagian besar kontingen akan bertanding di Bandung Raya, sehingga hotel-hotel di kawasan itu dipastikan banyak dipesan oleh kontingen. Namun pada intinya ketersediaan hotel di wilayah itu tidak ada masalah.
PHRI mengimbau agar hotel yang telah dipesan untuk memberikan konfirmasi kepada PHRI atau PB PON XIX/2016 guna memudahkan koordinasi dan pemenuhan akomodasi hotel.
“Ada baiknya booking dari kontingen PON XIX/2016 dikoordinasikan dengan PHRI dan PB PON XIX/2016 Jabar,” kata Herman Muchtar.
Lebih lanjut Herman menyebutkan, seluruh kontingen dipastikan akan menempatkan Posko Utama Kontingen PON XIX/2016 daerah masing-masing di Kota Bandung, sehingga penggunaan hotelnya tentunya sesuai dengan kriteria event itu.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejumlah kontingen telah memesan. Salah satunya DKI Jakarta dan Jawa Timur telah memesan kamar hotel bintang lima di kawasan Jalan Asia Afrika Kota Bandung bagi posko utamanya.
Penyelenggaraan PON XIX/2016 Jabar akan berlangung 17-29 September 2016 yang digelar di 14 kabupaten/kota di Jawa Barat. Namun demikian sebagian besar pertandingan digelar di Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.
Daerah lainnya yang menjadi daerah penyelenggara Sub PON XIX/2016 adalah Bogor, Bekasi, Sukabumi, Karawang, Purwakarta, Indramayu, Cirebon, Garut, Sumedang dan Kabupaten Pangandaran.(anjas)