Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


DPPJP Palembang Anggarkan 17 Miliar Untuk Lampu Jalan

0

lampu-jalanPalembang, jurnalsumatra.com – Dinas Penerangan Pertamanan Jalan Pemakaman (DPPJP) Kota Palembang kebanjiran pengajuan untuk pemasangan lampu jalan di 16 kecamatan yang tersebar di kota Palembang.

Sebanyak 800 titik pemasangan lampu penerangan jalan akan dilakukan tahun ini, selain itu juga akan ada perbaikan beberapa lampu jalan yang rusak. “Pokoknya sudah banyak masyarakat yang mengajukan. Pemasangan tersebar di 16 kecamata. Tapi, kita akan melihat mana yang memang mendesak perlu penerangan,” kata Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) DPJPP Kota Palembang, M Arbain, Selasa (16/2).

Total biaya yang dianggarkan untuk pemasangan lampu baru serta perbaikan dengan mengunakan lampu hemat energy LED, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 17 miliar. Salah satu kawasan yang akan dipasang lampu jalan adalah di Jalan Noerdin Panji, yang merupakan jalan alternatif menuju Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II. “Untuk pemasangan lampu jalan di jalan tersebut baru dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun ini. Pendek kata, setelah diresmikan, lampu jalan baru akan dipasang,” katanya.

Dia mengatakan, sekitar 170 lampu jalan akan di pasang pada jalan yang menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II – Kenten tersebut. “Ada sekitar 170 lampu jalan yang akan dipasang di jalan tersebut,” ujar dia. Selain itu, untuk menghemat energi, DPJPP juga akan memasang lampu LED. Pasalnya, lampu ini menghemat energy. Menurut dia, lampu LED dapat menghemat energy hingga 50 persen dari total tagihan yang harus dibayar pihaknya. “Memang lampu LED lebih mahal, tapi secara kualitas ditambah lagi dapat menghemat tagihan listrik hingga 50 persen, ini yang membuat kami memakai lampu LED,” ujar dia.

Sementara itu, selaian ada penambahan penerangan lampu jalan tahun ini juga aka nada pencabutan tiang dan lampu jalan yang terletak dimedian jalan, berkisaran mencapai 500 tiang dan lampu jalan. “Kebanyakan lampu jalan yang akan kita cabut terletak di jalan protocol yang terkena dampak pembangunan Light Rail Transit (LRT),” jelas Sekretaris DPJPP Palembang, Novran Fadillah. Menurut Novran, tiang lampu-lampu jalan ini kemungkinan nanti akan dipindahkan ke jalan baru seperti Jl Noerdin Panji dan jalan-jalan lain yang belum memiliki lampu jalan.(ria)