Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Gubernur Riau Minta Tol Pekanbaru-Dumai Segera Dikerjakan

0

Pekanbaru, jurnalsumatra.com – Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman meminta pengerjaan jalan tol Pekanbaru-Dumai bisa segera dimulai untuk bisa mendorong kemajuan ekonomi daerah dan juga regional Sumatera.
“Tadi kita lihat (Pemko) Pekanbaru sudah menyelesaikan pintu masuk jalan tol. Besok, Hutama Karya kita ajak kemari melihatnya. Kita harap setelah dilihat mereka bisa mulai melakukan pengerjaan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai,” kata Arsyadjuliandi Rachman dalam pernyataan pers yang diterima Antara di Pekanbaru, Selasa.
Pria yang akrab disapa Andi Rachman ini menyatakan sudah melakukan peninjauan untuk mengecek kondisi terakhir, bersama Asisten II Setdaprov Riau Masperi, Asisten II Setdako Pekanbaru Dedi Guriadi dan Kepala Badan Pertanahanan Nasional (BPN) Perwakilan Riau Armansyah Salam, ke lokasi peletakan batu pertama (ground breaking) Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, di Muara Fajar, Rumbai, Pekanbaru.
Tinjauan ini menindaklanjuti perkembangan progres pembangunan, dimana sebelumnya, saat melakukan rapat bersama investor BUMN Hutama Karya di Jakarta, menyatakan kalau pintu masuk Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang berada di Pekanbaru belum selesai. Namun setelah ditinjau bersama di lapangan, ternyata persoalan tersebut sudah diselesaikan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru.
Menurut Andi, pintu masuk jalan tol tersebut sangat penting untuk memulai, apalagi direncanakan Presiden Joko Widodo akan hadir dalam “ground breaking” itu. Pembangunan tol Pekanbaru-Dumai merupakan salah satu proyek yang ingin dipercepat realisasinya oleh Presiden Joko Widodo.
Hingga saat ini baru sekitar 19,5 kilometer lahan rencana pembangunan ruas jalan tol yang telah dibebaskan dari total 126 kilometer dari Pekanbaru-Dumai. Terdiri dari tujuh kilometer telah dibebaskan sejak 2014 berlokasi di Kota Pekanbaru dan sekitar 12,5 kilometer baru dibebaskan dari pemilik lahan PT Ivo Mas Tunggal.
Selain itu, Andi Rachman juga minta kepada Pemko Pekanbaru untuk segera menyelesaikan Jalan Lingkar Luar sampai Jalan Yos Soedarso karena akses tersebut akan berhubungan dengan Jalan Tol Pekanbaru -Dumai.
“Untuk di pintu masuk jalan tol ada 1,6 hektare yang telah disediakan Pemko Pekanbaru. Sedangkan untuk panjangnya ada 2,7 kilometer yang berada di Pekanbaru, lalu disambut oleh Siak,” katanya.
Menurut dia, Hutama Karya selaku BUMN pelaksana sudah berkomitmen jika pintu masuk sudah diselesaikan, mereka langsung melakukan “ground breaking”.
“Setelah mereka datang mengecek pintu masuk, mereka akan sampaikan ke jajaran direksinya, kemudian mereka turun. Kita berharap secepatnya dilakukan peletakan batu pertama,” katanya.(anjas)